Sukses

Tampilan Dipermak, Yahoo Mail Jadi Mirip Gmail

Tampilan latar layanan email Yahoo kini bisa diubah-ubah sesuai tema. Sekilas perubahan desain Yahoo Mail agak mirip dengan Gmail.

Ada yang berbeda dengan penampilan wajah Yahoo Mail. Tampilan latar layanan email tersebut kini bisa diubah-ubah sesuai tema. Sekilas perubahan desain Yahoo Mail agak mirip dengan Gmail.

Tidak aneh jika Yahoo Mail dan Gmail terlihat agak mirip. Sebab CEO Yahoo Marissa Mayer pernah membantu merancang beberapa fitur Gmail saat ia masih menjabat sebagai salah satu top eksekutif di Google. Gmail kini telah tumbuh menjadi layanan email yang paling populer di dunia.

Tools yang disediakan juga menyerupai Gmail, terdapat fitur conversation view yang selama ini dipopulerkan Gmail. Di sebelah kiri terdapat toolbar yang bisa dimunculkan atau disembunyikan. Tersedia pula fitur "e-mail preview" agar pengguna lebih mudah melihat isi email tanpa harus membuka banyak jendela. Yahoo juga mempermak jendela "compose e-mail" dengan layout baru yang lebih simpel.

Fitur baru lainnya adalah pengguna email Yahoo bisa mendekorasi latar inbox mereka dengan pilihan gambar pemandangan yang bisa diambil dari layanan sharing foto Flickr. Ketika pengguna sudah memilih sebuah gambar untuk dijadikan latar, maka tampilan yang sama secara otomatis akan muncul di aplikasi email mobile. Dengan kata lain latar tersebut akan tersinkronisasi di versi web maupun mobile.

Perubahan desain Yahoo Mail diterapkan secara bersamaan untuk versi web, perangkat berbasis Android, iPhone dan iPad serta tablet yang berjalan di sistem operasi Windows 8. Demikian dilansir Huffingtonpost, Kamis (10/10/2013).

Kapasitas ditambah

Perubahan lainnya adalah, Yahoo kini memberikan kapasitas penyimpanan email lebih besar yakni 1 terabyte (TB) untuk setiap account email atau 1.000 gigabyte (GB). Jumlah tersebut menurut Yahoo dapat menampung email selama sekitar 6.000 tahun, jika attachment-nya berukuran 500 KB hingga 1 MB.

Sejak dibajak Yahoo setahun yang lalu, Mayer telah melakukan banyak pembenahan pada layanan Yahoo untuk menarik lebih banyak peselancar Web dan menggemukkan pendapatan Yahoo dari iklan. Meski penjualan iklan masih lesu, namun Mayer mengatakan jumlah pengunjung bulanan Yahoo telah meningkat sebesar 20 persen menjadi 800 juta orang sejak kedatangannya.

Menurut data terbaru yang dilansir perusahaan riset comScore Inc., Yahoo kini memiliki sekitar 289 juta pengguna bulanan di seluruh dunia, sedangkan Gmail 304 juta. (dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini