Sukses

Mantap, GTA V Cetak 7 Rekor Baru Guinness World Records

Belum pernah ada satu pun judul game atau produk dari industri game yang mampu meraih kesuksesan seperti ini.

Tidak hanya bagi para gamer, pesona dan popularitas sekuel video game kontroversial Grand Theft Auto V (GTA V) ternyata juga mampu menyita perhatian publik secara luas. Selain menjadi judul video game dengan biaya produksi termahal dan berhasil mencetak rekor penjualan di industri hiburan, GTA V juga dilaporkan berhasil mencatatkan total 7 rekor terbaru di Guinness World Records.

Dikutip dari laman IB Times, Jumat (11/10/2013), rekor-rekor yang berhasi diraih oleh GTA V adalah:

1. Video game action-adventure terlaris dalam 24 jam.
2. Video game terlaris dalam 24 jam.
3. Produk hiburan tecepat mencapai pemasukan US$ 1 miliar.
4. Video game tercepat mencapai pendapatan US$ 1 miliar.
5. Video game dengan pertumbuhan penjualan tercepat dalam 24 jam.
6. Produk hiburan penghasil keuntungan terbesar dalam 24 jam.
7. Video game action-adventure yang video trailer dan media promosi resminya paling banyak dilihat

Keberhasilan ini disinyalir menjadi suatu prestasi yang sangat membanggakan bagi Rockstar Games dan Take-Two Interactive selaku pengembang dan penerbit sekuel video game bertema kriminal tersebut.

Menurut data yang dimiliki Guinness World Records, sebelumnya belum pernah ada satu pun judul game atau produk dari industri game yang mampu meraih kesuksesan seperti ini.

Sejak dirilis pada 17 September lalu, video game yang menampilkan karakter Michael, Franklin, dan Trevor ini diklaim telah berhasil terjual sebanyak 11 juta kopi dalam waktu 24 jam. Rekor yang didapat GTA V ini mengalahkan pencapaian video game populer Call of Duty: Modern Warfare 3, yang mencetak angka penjualan US$ 1 miliar dalam waktu empat hari di 2011.

Tak hanya itu, GTA V juga mengalahkan rekor yang dimiliki sejumlah film laris Hollywood. Video game yang mengambil latar belakang lokasi di kota fiktif Los Santos ini mencetak penjualan US$ 1 miliar dua hari lebih cepat ketimbang yang didapat Avatar, Harry Potter and the Deathly Hallows Part 2, serta The Avengers. (dhi/dew)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini