Sukses

iPhone 5S Terjangkit Wabah BSOD, Apa Itu?

Frekuensi terjadinya BSOD semakin sering bila pengguna secara terus-menerus menggunakan fitur multitasking.

BSOD atau Blue Screen of Death adalah sebuah istilah yang pasti sudah tidak asing lagi bagi para pengguna PC berbasis Windows. Istilah ini menggambarkan sebuah kondisi ketika PC tiba-tiba hang dan layar berubah menjadi biru diiringi munculnya pesan error.

Nah, ternyata wabah BSOD tidak saja menjangkiti sistem operasi Windows. Menurut yang dilansir laman The Verge, Selasa (15/10/2013), sejumlah pengguna smartphone iPhone 5S yang menggunakan sistem operasi iOS 7 melaporkan bahwa handset mereka kerap mengalami kondisi serupa.



Hal ini disinyalir masih berkaitan dengan informasi sebelumnya yang menyebutkan aplikasi pada handset iPhone 5S dua kali lipat lebih rentan mengalami gagal proses (crash) dibandingkan pendahulunya, iPhone 5.

Sementara itu, sejumlah ahli berpendapat bahwa masalah ini disebabkan oleh adanya bug di sistem aplikasi iWork yang arsitekturnya disatukan bersama seluruh software iOS 7.

Frekuensi terjadinya BSOD dipercaya akan semakin sering bila pengguna secara terus-menerus menggunakan fitur multitasking untuk berpindah-pindah dari satu aplikasi yang sedang berjalan ke aplikasi lain. Selain BSOD, iPhone 5S juga dinilai cukup rentan mengalami auto-reboot kerika digunakan.

Akan tetapi menurut lansiran The Verge, masalah BSOD ini bisa diminimalisir dengan mematikan fitur sinkronisasi iCloud dan iWork untuk aplikasi Page, Keynote, dan Numbers. (dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini