Sukses

Asyiknya BBM-an di Android

BBM lintas platform akhirnya benar-benar tersedia bagi perangkat berbasis Android. Lalu bagaimana rasanya BBM-an di perangkat Android?

BlackBerry Messenger (BBM) akhirnya benar-benar tersedia untuk perangkat mobile berbasis Android dan iOS. Jadi, aplikasi tersebut sudah bisa diunduh di Apple Apps Store dan Google Play Store.

Tak ingin menunggu lama, tim Tekno Liputan6.com langsung mengunduh aplikasi BBM di Google Play Store. Lalu bagaimana rasanya BBM-an di perangkat Android?

Selesai mengunduh, secara otomatis file langsung terinstal dan bisa dibuka. Setelah berhasil dibuka kami diminta untuk mengisi alamat email untuk mendapatkan pin baru. Namun bila alamat email Anda sudah terdaftar, Anda tak perlu menunggu lama untuk bisa menikmati BBM di Android.



Kemudian Anda akan diminta untuk membuat BlackBerry ID baru atau menggunakan BlackBerry ID yang sudah ada. Jika Anda menggunakan BlackBerry ID yang sudah ada (BlackBerry ID yang Anda gunakan di perangkat BlackBerry sebelumnya), handset Android Anda secara otomatis akan menyalin semua kontak BBM Anda, group dan informasi lainnya.

Setelah itu, Anda akan diberi PIN baru, seperti halnya PIN yang ada di perangkat BlackBerry. Saat menu BBM dibuka, di bawah layar ponsel Anda akan tampak ikon 'Menu', 'Chats', 'Contacts', 'Groups', dan 'Option'. Sementara ketika BBM-an dengan teman, di bar bawah layar akan tampil pilihan 'Back', 'Invite More', 'Attach', 'Send', dan juga 'Option'.



Yang menarik, tampilan antarmukanya mirip dengan yang ada di BlackBerry OS 10, di mana menggunakan konsep flow. Anda bisa men-swipe layar dari kiri ke kanan untuk menampilkan Menu yang terdiri dari 'Chats', 'Contacts', 'Groups', 'Updates', dan 'Invites'.

Namun sayang,  fasilitas komunikasi telepon dan video call melalui BBM belum ada di BBM versi Android. (isk/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.