Sukses

PlayStation 2 Kuasai Pasar Konsol Game Dunia

PlayStation 2 mendapatkan predikat sebagai konsol paling laris sepanjang masa, dengan total penjualan mencapai 150 juta unit.

Kesuksesan luar biasa yang diraih PlayStation generasi pertama, membuat Sony menciptakan konsol generasi terbaru yang lebih revolusioner. Konsol game itu diberi nama PlayStation 2, dan diumumkan Sony pada 2 Maret 1999 lalu kemudian diperkenalkan kepada publik oleh Ken Kutaragi di ajang Electronic Entertainment Expo (E3) pada 11 mei 1999.

Pada saat itu PlayStation 2 hanya dipamerkan form factor-nya beserta beberapa fitur barunya saja. Untuk mempersiapkan peluncuran PlayStation 2, pada 18 Februari 2000 Sony menggelar ajang “Playstation Festival 2000”.



Acara itu dihelat Sony untuk memberi kesempatan para pengembang untuk memperkenalkan software-software game mereka yang diperuntukkan bagi Playstation 2. Dalam parade itu salah satu developer game kenamaan asal Jepang, Capcom, memperkenalkan game Onimusha yang banyak menarik perhatian pengunjung.

Ludes di Pasaran



Setelah itu, akhirnya pada 4 Maret 2000 Playstation 2 resmi di luncurkan di Jepang. Pada hari pertama peluncuran banyak toko yang dilaporkan kehabisan stok persediaan, bahkan beberapa toko telah membuka penjualan pada dini hari dengan antrian calon pembeli yang panjang dan persediaan habis pada pagi harinya.

Peluncuran pertama Playstation 2 sangat fenomenal di Jepang. Pada keesokan harinya tanggal 5 Maret 2000, dilaporkan Playstation 2 telah terjual sebanyak 980.000 unit dan persediaan cadangannya habis hingga lebih dari 500.000 unit yang dibeli melalui pemesanan online di situs resmi Sony. Pada akhir maret 2000, sekitar 1,4 juta unit PlayStation 2 telah terjual.

Namun peluncuran Playstation 2 yang sukses nyatanya tidak sempurna karena beberapa hari setelah peluncuran ditemukan bug yang membuat Playstation 2 dapat mem-bypass sistem proteksi regional DVD. Hal itu menyebabkan Sony melakukan recall (penarikan produk). Pun demikian itu tak membuat penjualan PlayStation 2 tersendat.

President Sony Computer Entertainment Amerika, Kazuo Hirai malah mengumumkan rencana peluncuran Playstation 2 di Amerika pada tanggal 10 mei 2000. Kala itu Kazuo mengatakan akan mengirimkan Playstation 2 sebanyak 1 juta unit untuk pasar Amerika, dengan tampilan yang sedikit berbeda dengan desain unit Playstation 2 di pasaran Jepang.

Konsol Game Yang Paling Dicari



Harga pertama yang dipersiapkan untuk peluncuran PlayStation 2 di Amerika adalah US$ 299 per unit. Akan tetapi pada 20 September 2000, Kazuo mengumumkan hanya mampu menyediakan 500.000 unit karena ada kendala dalam proses produksi. Pun demikian, Sony menjanjikan akan menggelontorkan 100.000 unit setiap minggunya setelah peluncuran. Dan akhirnya, pada 26 Oktober 2000, Playstation 2 resmi di luncurkan di Amerika.

Sama seperti di Jepang, persediaan stok produk di Amerika juga terjual habis dengan cepat dan menjadi konsol game yang paling dicari. Bahkan di situs jual-beli eBay ada orang yang berani membayar US$ 1.000 untuk 1 unit Playstation 2. Kemudian pada 24 November 2000, PlayStation 2 resmi dirilis di Eropa. Seperti di Amerika, ketersedian Playstation 2 untuk Eropa juga terbatas tapi tidak mengurangi minat orang untuk memesan lebih dulu.

Pada14 mei 2002, Sony memangkas harga Playstation 2 menjadi US$ 199 per unit. Kemudian pada Juli 2002 Sony Computer Entertainment Eropa memperkenalkan satu peripheral yang fenomenal, unik dan memberikan pengalaman bermain yang baru yaitu Eye toy. Alat ini terjual lebih dari satu juta unit dan kemudian pada November 2002, Eye Toy di rilis di Amerika yang turut mendongkrak penjualan Playstation 2.

Setelah itu pada September 2004, Sony merilis versi baru dari PlayStation 2, yang membawa desain lebih tipis dan beberapa hardware baru. Salah satu teknologi yang dibenamkan adalah network adapter, sehingga gamers tidak perlu membeli alat tambahan lagi untuk bermain game online.

Produksi Dihentikan



Setelah 12 tahun berada di pasaran, pada Desember 2012 dengan terpaksa Sony mengumumkan bahwa produksi Playstation 2 dihentikan. Sebelumnya penghentian produksi ini telah dilakukan di Jepang, dan akhirnya dikonfirmasi bahwa produksi konsol game legendaris ini dihentikan secara global.

Meskipun PlayStation 2 bukanlah konsol terbaik yang pernah ada, namun konsol yang satu ini mendapatkan predikat sebagai konsol paling laris sepanjang masa, dengan total penjualan mencapai 150 juta unit.

Setidaknya ada lebih dari 10.000 games dan software PlayStation 2 yang dikeluarkan pada awal tahun 2011, dan menariknya berbagai games bergenre olahraga tahunan yang kompatibel dengan konsol ini (sebut saja Winning Eleven dan FIFA) tetap diluncurkan pada tahun 2012 meski PlayStation 2 sudah tak diproduksi lagi. (isk/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.