Sukses

Bill Gates: Teknologi dan Internet Tak Begitu Penting

Sebagai salah satu ikon dunia teknologi, Bill Gates justru mengatakan teknologi dan internet bukanlah hal terpenting yang harus dipikirkan.

Pada sebuah wawancara khusus yang dilakukan Financial Times, pendiri Microsoft Bill Gates mengeluarkan sebuah pernyataan yang terhitung kontroversial. Sebab, sebagai salah satu ikon dunia teknologi, Gates justru mengatakan bahwa teknologi dan internet bukanlah hal terpenting yang harus dipikirkan.

Gates memang berargumen bahwa teknologi dan internet adalah sebuah hal yang menakjubkan. Namun, keduanya bukanlah kunci penyelamat dunia dan manusia di masa mendatang.

"Saya menyukai berbagai hal terkait teknologi dan internet. Namun untuk memperbaiki kondisi hidup manusia, kita harus kembali ke urusan-urusan dasar hubungan antar manusia," ungkap Gates dikutip dari laman Huffington Post, Senin (4/11/2013).

Pernyataan Gates tersebut diduga sebagai serangan langsung yang ditujukan pada pendiri Facebook Mark Zuckerberg. Beberapa waktu lalu, Facebook beserta sejumlah perusahaan lain dilaporkan tengah berusaha mengadakan program internet murah dan bisa diakses oleh pengguna yang jauh lebih luas.

Zuckerberg pun sempat mengatakan, "Internet adalah salah satu hal terpenting yang dapat digunakan sebagai usaha pengembangan dunia."

Baca juga: `Internet Harusnya Bisa 100 Kali Lipat Lebih Murah`

Namun hal tersebut dibantah dengan tegas oleh Gates. "Memprioritaskan pengembangan internet dibandingkan membuat obat penangkal penyakit bahaya seperti malaria adalah sebuah lelucon belaka", ucap Gates.

Sejak meninggalkan jabatan strategis di jajaran pimpinan Microsoft, Gates memang terlibat lebih aktif di berbagai acara dan pergerakan kemanusiaan. Melalui organisasi yang didirakannya, Bill & Melinda Gates Foundation, ia memberikan bantuan dana yang cukup besar bagi penelitian dan pengembangan obat anti-malaria. (dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.