Sukses

Rancang Printer Ergonomis, HP Tanya Konsumen

Tim Research & Developement (R&D) HP mengundang konsumen untuk memberi masukan pada pola rancangan perangkat printer HP.

Hewlett-Packard (HP) memperkenalkan tiga printer terbarunya dalam format besar. Printer ini dirancang untuk para profesional di bidang arsitektur, teknik, kontruksi, desain, dan Geospatial Information System (GIS). 

"Ketiganya dirancang berdasarkan masukan dari pengguna. Mereka diundang tim Research & Developement (R&D) HP untuk memberi masukan pada pola rancangan perangkat printer HP," kata Lydia Budianto, Market Developement Manager HP Indonesia di Balai Kartini Jakarta, Kamis (7/11/2013).

Para pengguna yang diundang, lanjut Lydia, berasal dari seluruh dunia. Mulai dari kawasan Asia, Amerika, Eropa, Australia, dan Afrika. 

"Mereka yang datang diperbolehkan untuk mendesain sebuah bentuk printer dari kardus sesuai dengan selera masing-masing. Dan dari beberapa masukan, akhirnya kami merancang printer dengan desain menyerupai piano berkonsep smart design," tambah Lydia.

Lydia memaparkan, konsep smart design yang diusung HP ini menyuguhkan penggunaan yang ergonomis, menyediakan tempat memasukkan kertas dari depan (front loading), dan output tracking tray yang membuat hasil cetak tersusun rapi. Adapun ketiga printer yang dirilis HP adalah HP Designjet T920 ePrinter, HP Designjet T1500 ePrinter, dan HP Designjet T2500 eMTF.

HP Designjet T920 ePrinter mampu menampung ukuran kertas dari A4 sampai A0, dengan kecepatan cetak mencapai 21 detik untuk setiap pencetakan kertas A1/D dan memori virtual hingga 32 GB. Sementara Designjet T1500 ePrinter dilengkapi memori virtual 64 GB, hard drive 320 GB, serta dua media rol kertas yang mampu mencetak dokumen pada jenis media cetak dan ukuran kertas yang berbeda secara bersamaan.

Sedangkan Designjet T2500 eMTF adalah printer format besar multifungsi yang dilengkapi memori virtual 128 GB dan hard drive 320 GB, yang dapat digunakan untuk mencetak,  memindai, dan mengkopi dokumen. Dengan teknologi rol kertas rangkap dua dan sistem front loading, pengguna juga dapat menggunakan tipe dan ukuran kertas yang berbeda tanpa harus mengganti rol kertas.

"Kami sengaja menyuguhkan printer format besar yang berbeda agar pengguna bisa memilih produk sesuai dengan kebutuhan. Keunggulannya, ketiga printer ini tidak hanya bisa mencetak media kertas tetapi juga media plastik yang biasa digunakan untuk keperluan desain dan arsitektur. Ditambah bisa mencetak dokumen melalui USB, email, serta smartphone dan tablet," terang Lydia.

Soal harga, masing-masing printer dibanderol mulai Rp 49 juta untuk Designjet T920 ePrinter, mulai Rp 82 juta untuk Designjet T1500 ePrinter, dan mulai Rp 142 juta untuk Designjet T2500 eMTF.

(isk/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.