Sukses

Mobil Toyota Ini Bisa Baca Suasana Hati Pengemudi

Tak seperti mobil konsep kebanyakan, mobil ini bisa membaca ekspresi wajah dan mengerti suara untuk membaca susana hati pengemudi.

Menjelang pameran otomotif Tokyo Motor Show 2013 pada 20 November hingga 1 Desember 2013 mendatang, Toyota mengungkap mobil konsep berdesain futuristik yaitu FV2 Concept.

Tak seperti mobil konsep kebanyakan, mobil ini bisa membaca ekspresi wajah dan mengerti suara untuk membaca susana hati pengemudi. Mobil satu penumpang ini dilengkapi teknologi yang memungkinkan pengemudi dan mobil menjalin hubungan kepercayaan dan pemahaman, mirip seperti hubungan antara joki kuda dan kudanya.

Untuk membina hubungan intim tersebut, Toyota membekali FV2 Concept dengan teknologi pengenalan suara dan gambar untuk mengetahui suasana hati si pengemudi. Bahkan mobil ini bisa mempelajari seperti apa cara berkendara si pengemudi agar bisa menjadi co-pilot yang efisien.

Bukan itu saja, di dalam kabinnya terpampang teknologi Augmented Reality (AR) yang dapat menampilkan kondisi lalu lintas dan informasi keselamatan saat berada dipersimpangan atau blind spot. Demikian dilansir laman Mail Online, Minggu (10/11/2013).

Bahkan seluruh kacanya bisa berubah warna tertentu agar pengemudi yang ada di sekitar tahu jika sewaktu-waktu sang pengemudi mobil ini sedang emosi, sehingga dapat menjaga kewaspadaan satu sama lain.

Karena mobi ini tidak dilengkapi stir kemudi, pengemudi dapat mengoperasikan kendaraan sambil berdiri dan menggeser tubuh secara intuitif untuk melakukan akselerasi maju dan mundur serta kiri dan kanan.

Terlepas dari apakah mobil ini bakal diproduksi atau tidak, yang pasti Toyota telah merilis aplikasi pendukung untuk perangkat iOS dan Android agar pengemudi dapat mengetahui lebih detil seperti apa rasanya berkendara dengan mobil cerdas ini. (isk)





* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini