Sukses

[VIDEO] Uji Performa 5 Generasi Nexus, Mana Terbaik?

Proses pengujian performa smartphone dilakukan saat melewati proses booting, gaming, dan menelusuri laman internet.

Selain sebagai perusahaan dibalik kesuksesan sistem operasi Android, Google juga turut menggandeng sejumlah produsen untuk mengembang smartphone dengan sistem operasi bersifat open source tersebut. Sejak resmi memperkenalkan kehadiran smartphone bertajuk Nexus One pada tahun 2010 lalu, hingga kini Google terlah resmi merilis lima generasi Nexus.

Memasuki bulan November, Google kembali menggandeng LG dalam mengembangkan smartphone Nexus 5. Namun benarkah kehadiran Nexus 5 menawarkan performa yang jauh lebih baik dibandingkan Nexus generasi sebelumnya?

Sebuah video yang diunggah oleh PhoneBuff seperti dikutip dari laman Android Authority, Senin (11/11/2013), menunjukkan bahwa Google memang memberikan peningkatan dan sejumlah optimalisasi untuk setiap generasi Nexus yang selama ini telah dirilis.

Pengujian performa ponsel dilakukan saat melewati proses booting, gaming, dan menelusuri laman internet. Meski terkesan tidak adil, mengingat kelima generasi smartphone dibekali dengan spesifikasi yang berbeda satu sama lain, bahkan generasi terbaru cenderung selalu dibekali spesifikasi tinggi dibandingkan satu generasi sebelumnya.

Nexus One memerlukan waktu 15 detik lebih lama saat proses booting dibandingkan Nexus 5, yang merupakan tercepat di antara kelima ponsel pintar tersebut. Nexus 5 mampu menjadi yang pertama saat diaktifkan, diikuti oleh Nexus 4, Galaxy Nexus, Nexus S dan Nexus One.

Hal yang sama juga terjadi saat penguji mencoba memainkan game Temple Run 2 yang mampu berjalan dengan lebih mulus dan tampilan grafis lebih baik pada Nexus 5. Untuk pengujian yang satu ini, Nexus One nampak memerlukan usaha lebih dibandingkan generasi lainnya yakni sekitar 25 detik lebih lama dibandingkan seri Nexus lainnya.

Saat dilakukan pengujian menelusuri laman web, smartphone Nexus yang telah dibekali prosesor dual-core dan quad-core mampu bekerja jauh lebih baik dibandingkan Nexus yang masih dibekali prosesor single-core yakkni Nexus S dan Nexus One. Secara keseluruhan pada proses pengujian ini menunjukkan jika Nexus 5 mampu menawarkan kinerja yang jauh lebih baik dari 4 generasi Nexus sebelumnya. (vin/dew)


Baca juga:

5 Generasi Nexus Dari Masa ke Masa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.