Sukses

Sebelum Populer, Twitter Sempat Bernama `Smssy`

Sebelum terpilih nama dan logo Twitter seperti sekarang di tahun 2006, setidaknya terdapat tiga calon nama dan logo lain.

Keberhasilan yang dicapai Twitter seperti sekarang ini tentunya tak didapat secara instan. Termasuk dalam hal menentukan nama dan logo yang bakal diusung oleh jejaring sosial microblogging besutan Jack Dorsey.

Menurut yang dilansir laman The Verge, Kamis (14/11/2013), seorang jurnalis bernama Nick Bilton dalam bukunya yang berjudul 'Hatching Twitter' mengungkapkan bahwa sebelum memilih nama dan logo Twitter di tahun 2006, setidaknya terdapat tiga calon nama dan logo lain yang mungkin digunakan oleh Jack Dorsey dan kawan-kawan.

Ketiga nama tersebut adalah Twitch, Smssy, dan Friendstalker. Dan di antara tiga nama tersebut, nama 'Smssy' disebutkan merupakan yang paling berpeluang dipilih oleh para founder Twitter saat itu.

Bukan hanya nama, Dorsey beserta tiga orang founder Twitter lainnya yaitu Noah Glass, Evan Williams dan Biz Stone juga sempat membuat logo 'Smssy' dengan warna dasar hijau. Tentunya tidak dilengkapi dengan ikon burung biru seperti sekarang ini.

Akan tetapi pada perkembangannya, nama 'Smssy' dinilai kurang menjual dan sulit untuk dieja. Lalu Biz Stone sempat mengusulkan untuk menggunakan nama 'TWTTR', sebelum akhirnya disisipkan huruf vokal dan menjadi Twitter seperti sekarang ini.

Nama 'TWWTR' sendiri sekarang digunakan Twitter sebagai sandi perusahaan di lantai bursa saham New York. (dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini