Sukses

Ditawar Rp 34 Triliun, Snapchat Tolak Facebook

Mark Zuckerberg telah menyiapkan tawaran hingga US$ 3 milliar atau setara Rp 34,88 triliun untuk membeli aplikasi Snapchat, namun ditolak.

Setelah sukses mengakuisisi Instagram sekitar setahun lalu, Facebook seakan terpacu untuk terus mengembangkan sayap bisnis dan pendapatan perusahaannya dengan cara serupa. Saat ini Mark Zuckerberg diketahui tengah melirik aplikasi Snapchat.

Bahkan untuk memenuhi keinginannya itu, seperti dikabarkan Wall Street Journal, Kamis (14/11/2013), Zuckerberg kabarnya telah menyiapkan tawaran hingga US$ 3 milliar atau setara Rp 34,88 triliun.

Sayangnya sang pendiri Snapchat -- Evan Spiegel -- menolak tawaran tersebut dan tidak merencanakan untuk proses akuisisi atau investasi dari pihak lain, setidaknya hingga awal tahun depan.

Sebelum menaikkan tawaran menjadi US$ 3 miliar, Facebook dikabarkan sempat mengajukan penawaran untuk membeli Snapchat. Saat itu Zuckerberg disebut telah menawarkan proposal pembelian senilai lebih dari US$ 1 miliar, namun telah ditolak oleh Evan.

Meski angka yang ditawarkan termasuk tertinggi dalam sejarah transaksi jual beli yang dilakukan Facebook, namun sayangnya dalam penawaran kali ini situs sosial media tersebut kembali mendapatkan penolakan. Pada tahun 2012 silam, Facebook menyepakati pembelian situs berbagi foto dan video Instagram senilai US$ 1 miliar.

Meskipun hingga kini Snapchat belum mampu menghasilkan pendapatan dalam nilai besar, namun perusahaan kecil ini terus berkembang. Bahkan pada Juni lalu nilai jual Snapchat sudah menyentuh angka US$ 800 juta. (vin/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini