Sukses

Jolla, Ponsel Karya Eks Karyawan Nokia Rilis Akhir November

Jolla, smartphone dengan sistem operasi Sailfish yang digarap oleh sejumlah mantan karyawan Nokia akan dirilis pada 27 November.

Dominasi ponsel pintar yang kini diisi oleh sistem operasi Android, iOS, Windows Phone, dan BlackBerry akan segera kedatangan pesaing baru. Smartphone bernama Jolla dengan sistem operasi (OS) Sailfish akan segera meramaikan pasar.

Kabar terbaru menyebutkan bahwa smartphone yang digarap oleh sejumlah mantan karyawan Nokia tersebut akan dirilis pada 27 November di Finlandia. Demikian dikutip dari laman The Next Web, Jumat (15/11/2013).

Saat menghadiri konferensi Slush di Finlandia, pihak perusahaan memastikan proses pemasaran Jolla akan dilakukan melalui jaringan operator DNA di sejumlah toko di Helsinki. Belum diketahui apakah perusahaan berencana memasarkan Jolla untuk pasar yang lebih luas di seluruh dunia atau hanya menyasar negara tertentu saja.

Sailfish OS dikembangkan sebagai sistem operasi yang bersifat terbuka (open source) sehingga ada kemungkinan untuk digunakan di beragam perangkat, bukan hanya ponsel. Sistem operasi ini merupakan modifikasi dari Meego, platform berbasis Linux yang diperkenalkan Intel dan Nokia salah satunya pada Nokia N9.

Jolla sendiri merupakan smartphone yang disokong dengan layar berukuran 4,5 inci dengan memori internal seluas 16 GB dan sebuah slot microSD. Sebagai ponsel pendatang baru, Jolla sudah dibekali dengan teknologi jaringan 4G. (vin/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini