Sukses

WeChat Kuasai 30% Smartphone Indonesia

Populasi pengguna WeChat di Indonesia disebutkan tidak jauh berbeda dengan pengguna di seluruh dunia.

Sejak aplikasi pesan instan BlackBerry Messenger booming, aplikasi chatting sejenis satu persatu bermunculan dengan menyasar berbagai platform. Sebut saja WhatsApp Messenger, Line, Kakao Talk dan WeChat yang kini memiliki pertumbuhan jumlah pengguna yang signifikan.

Di Indonesia, popularitas aplikasi chatting cukup diminati banyak penggemar. Tak jarang pengguna memakai dua hingga tiga aplikasi chatting sekaligus di perangkat smartphonenya.

"Indonesia sendiri saat ini pengguna WeChat telah mencapai 30% dari total pengguna smartphone atau sekitar 31 juta," tutur Bagus Biantoro selaku Chief Operating Officer MNC Tencent di Hotel Gran Hyatt, Jakarta, Kamis (21/11/2013).

Populasi pengguna WeChat di Indonesia disebutkan Bagus tidak jauh berbeda dengan pengguna di seluruh dunia. Pengguna berusia 15-35 tahun merupakan populasi terbesar pengguna WeChat di Tanah Air.

Melihat pertumbuhan pengguna pesan instan, Tencent selaku pengembang optimis jika tahun depan pengguna WeChat dapat tumbuh hingga mencapai 100 persen. Terlebih jika melihat tren pengguna Android yang kian tumbuh dan pengguna BlackBerry yang saat ini masih dominan.

"Pengguna Android dan BlackBerry di Tanah Air kini relatif imbang, sedangkan untuk pengguna Windows Phone kami akan mengikuti tren pasar yang sedang berkembang," tambah Bagus.

WeChat baru-baru ini mengumumkan bahwa jumlah penggunanya saat ini telah mencapai lebih dari 100 juta di seluruh dunia, belum termasuk di negeri asalnya China. Secara umum pengguna muda dengan rentang usia 16-19 tahun merupakan pasar potensial yang aktif menggunakan WeChat.

(vin/dew)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini