Sukses

Ini Jalur Yang Dipakai Untuk Menyadap Ponsel SBY

Ada beberapa jalur yang kemungkinan digunakan pihak asing untuk menyadap ponsel Presiden SBY dan para petinggi negara.

Dokumen yang sempat dibeberkan oleh Edward Snowden mengenai dugaan penyadapan yang dilakukan pemerintah Australia terhadap Presiden SBY dan juga wakil presiden RI pada tahun 2009 memicu beragam reaksi. Penyadapan yang diduga dilakukan melalui jalur telekomunikasi itu secara tidak langsung melibatkan peran operator Tanah Air.

Usai melangsungkan rapat tertutup dengan para operator telekomunikasi, Menkominfo Tifatul Sembiring membeberkan bahwa ada beberapa jalur yang kemungkinan digunakan pihak asing untuk menyadap ponsel para petinggi negara. Jalur lain yang menyebabkan kebocoran data, disebut Tifatul kemungkinan terjadi di luar pengawasan operator.

"Penyadapan bisa dilakukan melalui jalur BTS ke BTS dengan menyadap frekuensi, BTS ke satelit, atau BTS ke ponsel," ucap Tifatul saat konferensi pers di Kantor Kominfo, Jakarta, Kamis (21/11/2013).

Selain melalui cara tersebut, lebih lanjut Tifatul menyebut ada juga handset yang telah ditanami chip tertentu untuk merekam semua aktivitas sang pemakai. Penyadapan juga bisa dilakukan melalui penggunaan software 'titipan' operator sehingga aktivitas telepon, akses internet hingga SMS dapat diketahui secara lebih rinci.

"Pengamanan telekomunikasi RI-1 dan RI-2 selama ini sudah sesuai dengan SOP yang ditentukan. Penyadapan hanya bisa dilakukan oleh pihak-pihak seperti KPK, BIN, Kepolisian untuk keperluan tertentu misalnya penyelidikan," tambah Tifatul. (vin/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.