Sukses

Mobil Ini Bisa Tempuh 1.027 Km Hanya Dengan 1 Liter Bensin

Mobil yang dikembangkan mahasiswa UI ini berhasil menempuh jarak sejauh 1.027 kilometer hanya dengan menggunakan seliter bensin.

Rekor penggunaan bensin paling irit di Indonesia kembali dipercahkan. Sekelompok mahasiswa asal Universitas Indonesia (UI) yang tergabung dalam tim Nakoela Hore memecahkan rekor tersebut dengan menggunakan mobil prototipe (purwarupa) bernama Keris RV.

Mobil Keris RV merupakan hasil kembangan mahasiswa UI. Keris RV unjuk gigi di Indonesia Energy Marathon Challenge 2013 (IEMC) yang berlangsung pada 14-17 November 2013 di Surabaya. Mobil itu berhasil menempuh jarak sejauh 1.027 kilometer hanya dengan menggunakan seliter bensin.

"Keris RV berhasil meraih juara dan memecahkan rekor tersebut dalam ajang tersebut," kata Kepala Kantor Komunikasi Universitas Indonesia Farida Haryoko seperti dilansir Antara.

Keris RV bukan satu-satunya mobil prototipe yang dikirim UI ke IEMC di Surabaya. Masih ada Keris EV yang merupakan mobil bertenaga listrik. Keris dikembangkan tim Arjuna Hore yang berhasil meraih juara pertama dengan pencapaian 252 km/kWh. Pencapaian tersebut disebutkan Farida meningkat dibandingkan tahun 2012 yaitu 165 km/kWh.

Tim Nakoela Hore terdiri atas 11 mahasiswa Fakultas Teknik UI (FTUI) dan 1 mahasiswa Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI (FIB UI) angkatan 2010. Sedangkan tim Arjuna Hore terdiri atas 9 mahasiswa FTUI, 1 mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UI (FISIP UI) dan 1 mahasiswa Fakultas Farmasi UI (FFUI).

Kedua tim yang baru saja mencetak prestasi baru dari UI itu diakui Farida berasal dari organisasi Supermileage Vehicle. Organisasi tersebut merupakan sebuah perkumpulan otomotif bentukan mahasiswa UI bermotto "We design, build and race the best vehicles with the best efficiency".

UI Supermileage Vehicle juga akan mengirimkan wakilnya untuk kategori prototipe bensin dan urban concept gasoline di ajang Shell Eco Marathon Asia 2014 di Filipina pada bulan Februari 2014. (den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.