Sukses

Pamor Winamp Meroket Berkat Skin Yang Bisa Diganti-ganti

Salah satu fitur Winamp yang sangat populer adalah 'Skin' yang berguna untuk mengubah tampilan sesuai selera penggunanya.

Diunduh hingga 3 juta kali membuat nama Nullsoft selaku sang pembuat Winamp populer. Seiring dengan ketenarannya itu, pada tahun 1999 Nullsoft diakuisisi oleh perusahaan mass media multinasional, AOL, dengan harga US$ 80 juta.



Padahal, pada masa itu Nullsoft sempat beberapa kali mengalami gugatan hukum. Meskipun demikian, semuanya berhasil diselesaikan dengan baik. Setelah dimiliki AOL, untuk meningkatkan jumlah pengguna, Nullsoft merilis kembali situs Winamp.com.


Sediakan 3.000 Skin
Situs itu memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mengunduh skin, plugin (aplikasi tambahan), audio streaming, download lagu, forum, dan lain sebagainya. Hingga akhirnya, pada bulan Juli 2000, Winamp tercatat memiliki sekitar 25 juta pengguna.

Salah satu fitur Winamp yang sangat populer adalah 'Skin' yang berguna untuk mengubah tampilan sesuai selera penggunanya. Skin sendiri adalah file bitmap yang mengubah graphical user interface Winamp.



Setidaknya, pada tahun 2000, Winamp menyediakan 3.000 skin dengan berbagai macam tema. Mulai dari musik, olahraga, nuansa alam, gambar wanita seksi hingga super hero. Pengguna yang cukup kreatif bisa mendesain skin atau tema sendiri untuk kemudian diunggah ke Winamp.com.


Ratusan Aplikasi Tambahan
Selain 'Skin', Winamp juga menyediakan ratusan plugin yang dikembangkan oleh pihak ketiga. Plugin yang paling diganderungi pengguna adalah WideSound DSP, di mana dapat memberikan suara bass yang lebih menghentak, keras, dan ekstra ketika mendengarkan musik dari Winamp.



Meskipun sudah dilengkapi dengan equalizer, pengguna tetap memilih menambahkan plugin ini untuk meningkatkan kualitas suara. Selain WideSound DSP juga ada Winamp k850 Hid Control yang dapat mengontrol Winamp lewat koneksi Bluethooth.



Juga ada Equalizer v1.6 yang merupakan sebuah equalizer tambahan di Winamp selain equalizer standar. Plugin menarik lainnya adalah Tray Rating, yakni sebuah sistem tray yang akan muncul di pojok kanan bawah ketika musik dimainkan. Ditambah AndrewLabs yang memberikan kualitas suara surround di player Winamp. (isk/dew)


Penasaran dengan versi Winamp generasi berikutnya? Jangan lewatkan artikel serial selanjutnya, esok hari...


Baca Juga:
Dari Tampilan Sederhana Hingga Diunduh 3 Juta Kali

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.