Sukses

WhatsApp vs BBM, Mana Lebih Populer di Indonesia?

Kehadiran aplikasi BBM lintas platform memperketat persaingan di segmen pasar aplikasi perpesanan instan. Populer mana dari WhatsApp?

Kehadiran aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) lintas platform semakin memperketat persaingan di segmen pasar aplikasi perpesanan instan. Namun hal tersebut tak lantas membuat BBM bagi perangkat Android dan iOS menjadi aplikasi messaging terfavorit.

Menurut hasil survei yang dirilis perusahaan analisis Device Research, WhatsApp memiliki jumlah pengguna yang lebih besar dibandingkan BBM lintas platform di sejumlah wilayah termasuk Afrika Selatan, Brazil dan Indonesia.

Mengutip laman Techcrunch, Kamis (28/11/2013), survei yang diadakan Device Research ini diikuti oleh lebihdari 3.760 responden pengguna Android dan iOS di wilayah Amerika Serikat, Brazil, China, Afrika Selatan, dan Indonesia.

Khusus untuk di Indonesia, WhatsApp digunakan oleh 43% responden. Sedangkan BBM lintas platform berada di posisi kedua dengan 37% responden, diikuti Line yang digunakan oleh 36% responden.

Sedangkan secara keseluruhan, WhatsApp tetap menjadi aplikasi perpesanan terpopuler dengan 44% responden. Yang mengejutkan adalah, di posisi kedua justru ditempati aplikasi Facebook Messenger bukan BBM lintas platform. Aplikasi perpesanan yang terintegrasi dengan jejaring sosial Facebook itu digunakan oleh 35% responden.



Sementara BBM lintas platform hanya mampu menempati posisi kelima dengan perolehan 17% responden, di bawah WeChat di posisi ketiga (28%) dan Twitter Direct Message di posisi keempat (19%).

Rendahnya jumlah pengguna BBM lintas platform lebih disebabkan karena aplikasi besutan BlackBerry itu baru muncul sebulan yang lalu. Jika di beberapa bulan mendatang survei ini dilakukan kembali, maka tak menutup kemungkinan jika BBM lintas platform yang paling banyak digunakan oleh responden. (dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.