Sukses

Ponsel Besutan Mantan Karyawan Nokia Dijual Rp 6 Jutaan

Smartphone Jolla yang dibuat oleh para mantan karyawan Nokia mulai dipasarkan seharga 399 Euro atau sekitar Rp 6 jutaan di Finlandia.

Jolla, smartphone dengan sistem operasi alternatif Sailfish OS akhirnya resmi meluncur di pasaran. Ponsel besutan mantan karyawan Nokia ini merupakan modifikasi dari Meego, platform berbasis Linux yang sempat dicampakkan Nokia pada tahun 2011.

Smartphone dengan Sailfish OS ini didukung layar 4,5 inci Estrade dengan teknologi qHD IPS dan ditenagai prosesor dual-core 1,4 GHz besutan Qualcomm Snapdragon 400 dengan RAM 1 GB dan memori internal 16 GB. Sebuah kamera depan beresolusi 8 megapiksel (MP) lengkap dengan sebuah LED flash dan 2 MP untuk foto selfie.

Sebagaimana diwartakan sebelumnya, sistem operasi baru ini kompatibel dengan 85.000 aplikasi Android dan telah didukung dengan jaringan 4G. Dengan didukung mantan karyawan Nokia, tidak mengherankan jika salah satu fitur unggulan perusahaan tersebut juga ditemui di ponsel Jolla.

Fitur peta unggulan Nokia HERE yang telah mendukung navigasi dan lokasi di 180 negara juga turut disematkan dalam ponsel Jolla. Layaknya ponsel pintar pada umumnya, Jolla juga telah dilengkapi dengan toko aplikasi online bernama Yandex.

Perusahaan Jolla kini telah memiliki lebih dari 90 karyawan yang dipekerjakan di Finlandia dan Hong Kong. Dilansir Ubergizmo, Kamis (28/11/2013), smartphone Jolla mulai dipasarkan seharga 399 Euro atau sekitar Rp 6 jutaan di Finlandia. Selain Finlandia, rencananya Jolla juga akan tersedia di 135 negara di benua Eropa dan Asia dalam waktu dekat. (vin/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.