Sukses

Setelah Kacamata Cerdas, Sekarang Ada Rambut Palsu Cerdas

Rambut palsu ini dilengkapi sensor GPS, Wi-Fi, kamera, dan laser pointer untuk melakukan presentasi yang terhubung ke smartphone.

Gadget yang bisa dipakai ditubuh alias wearable gadget, seperti benar-benar akan menjadi tren di tahun depan. Setelah ada kacamata, jam tangan, dan gelang kebugaran cerdas, sekarang ada perangkat pintar berbentuk rambut palsu (wig).

Wig cerdas itu merupakan sebuah proyek yang saat ini tengah dikembangkan oleh Sony. Dijuluki SmartWig, perangkat unik ini nantinya akan dapat memantau kesehatan Anda dan memberikan arah mengemudi saat Anda sedang berada di perjalanan.

Aplikasi paten yang diajukan Sony kepada United States Patent and Trademark Office (USPTO) tersebut menggambarkan sebuah wig standar yang bisa dibuat dari rambut kuda, rambut manusia, wol, bulu, rambut yak atau jenis bahan sintetis lainnya.

Menurut yang dilansir Mail Online, Jumat (29/11/2013), ada beberapa fitur dan teknologi yang akan disematkan di SmartWig. Di antaranya adalah sensor GPS, Wi-Fi, kamera, laser pointer, dan sebuah sensor untuk mendeteksi posisi pemakaian wig di kepala.



Laser pointer yang ada, nantinya dapat dipakai pengguna untuk presentasi yang terhubung ke smartphone. Sebagai contoh, pengguna dapat menggulir slide presentasinya dengan hanya menekan cambang. Dengan demikian, pengguna dapat mengontrol slide presentasi dengan cara yang lebih sederhana.

Fitur lainnya adalah facial expressions detector, yang mampu mendeteksi ekspresi wajah dan akan mengubahnya menjadi sebuah perintah terkomputasi untuk mengaktifkan sebuah software.

Menarik bukan? Namun sayangnya, hingga berita ini diturunkan belum ada keterangan resmi dari Sony, terkait kapan wearable gadget ini akan mulai diproduksi. (isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.