Sukses

Ubah Kebiasaan Mandi Anda Dengan Alat Canggih Ini

Cara kerjanya mirip dengan flow meter water, bedanya alat ini memiliki tampilan digital yang menyuguhkan berbagai informasi.

Setiap kali Anda mandi, berapa liter air yang Anda habiskan? Pertanyaan ini setidaknya dapat membuat Anda lebih aware, betapa pentingnya air dalam kehidupan manusia setelah udara.

Maka dari itu hadirlah sebuah gadget mungil bernama Amphiro A1, yang sengaja dirancang untuk mengubah kebiasaan mandi seseorang. Amphiro A1 adalah alat kecil yang disambungkan ke selang shower untuk menghitung air yang keluar ketika Anda mandi dan akan me-reset perhitungan setelah 3 menit tidak digunakan (kembali ke angka nol).

Yang menarik, fungsinya tak hanya untuk menghemat pemakaian air tetapi juga menghemat listrik. Cara kerjanya mirip dengan flow meter water, bedanya alat ini memiliki tampilan digital yang menyuguhkan berbagai informasi, seperti suhu air dan banyaknya air yang digunakan ketika mandi.

Bicara soal hemat listrik, dengan alat ini Anda pun dapat mengontrol jumlah air yang keluar, dan secara tidak langsung Anda telah menghemat listrik yang terpakai dari water heater. Mengutip laman Gizmag, Sabtu (30/11/2013), uniknya Amphiro A1 tidak menggunakan baterai karena sumber listrik bisa diperoleh dari arus air yang keluar.



Untuk memperoleh informasi yang lebih jelas, Anda juga bisa mendapat data lebih lanjut dengan mengakses portal online Amphiro. Karena tidak ada penghitungan nirkabel, Amphiro 1 akan menampilkan sebuah angka (kode) setelah Anda mandi.

Anda dapat memasukkan kode tersebut ke portal web untuk melihat konsumsi air dan energi rata-rata dari waktu ke waktu, cara penggunaan, dan perbandingan dengan rumah tangga lainnya dari smartphone. Setiap pengguna akan memperoleh informasi sekitar 150 shower.

A1 untuk saat ini hanya tersedia di Eropa dengan harga US$ 81 atau sekitar Rp 950 ribu. Pihak Amphiro mengatakan, Ampiro A1 telah mencapai penjualan lebih dari 7.000 unit dalam tiga bulan pertama setelah peluncuran.  

Perangkat ini mulanya merupakan subyek penelitian lembaga energi Federal Office of Energy yang melibatkan 700 rumah tangga di Swiss. Dan kini telah berubah menjadi proyek pendanaan guna memasarkan produk ke pasar yang lebih luas. (isk)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.