Sukses

Meski Ada <i>Bug</i>, Android 4.4 KitKat Bisa Jalan di Nexus One

Driver grafis serta kamera tidak dapat berfungsi sepenuhnya dan fungsi screenshot tidak dapat bekerja, namun fitur lain berjalan normal.

Selain tersedia pada smartphone Nexus generasi teranyar, Google tak lupa memboyong Android teranyar KitKat ke sejumlah seri Nexus lainnya. Sayangnya tidak semua smartphone seri Nexus masuk dalam daftar penerima pembaruan sistem operasi Android.

Perusahaan asal Mountain View, California itu telah memastikan bahwa smartphone Galaxy Nexus ke bawah dipastikan tidak dapat mencicipi manisnya KitKat dalam perangkat mereka. Padahal Android KitKat dirancang agar bisa bekerja dengan perangkat mobile dengan kriteria RAM 512 MB.

Hal inilah yang memicu salah satu anggota forum XDA Developers untuk menjadikan Google Nexus One miliknya sebagai bahan uji coba agar bisa mencicipi Android KitKat. Berdasarkan AOSP (Android Open Source Project), Texasie dan tim menggunakan fitur tambahan untuk meningkatkan kinerja ROM dalam ponsel yang dirilis pada tahun 2010 silam.

Sayangnya masih ditemui sejumlah kehadiran bugs untuk bisa menikmati Android 4.4 KitKat pada Nexus One. Pada uji coba tersebut ditemukan, antara lain driver grafis serta kamera tidak dapat berfungsi sepenuhnya dan fungsi screenshot tidak dapat bekerja.

Namun begitu, menurut yang dilansir laman Ubergizmo, Jumat (29/11/2013), sejumlah fitur lain yang terdapat dalam ponsel tetap bisa berjalan secara normal.

Meski terhitung sukses diuji coba oleh anggota forum pengembang aplikasi, kami tidak merekomendasikan Anda yang memiliki Nexus One untuk melakukan uji coba seperti di atas. Sebab update sistem operasi Nexus One hanya disediakan sampai Android Gingerbread saja. (vin/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini