Sukses

Google Kenang Penyanyi Opera Wanita Legendaris Favorit Soekarno

Di laman muka mesin pencari Google, terpampang Doodle ilutrasi penampilan Maria Callas. Penyanyi opera Wanita ternama favorit Soekarno.

Raksasa mesin pencari berbasis internet, Google, hari ini, Senin (2/12/2013), memperingati hari ulang tahun ke-90 mendiang penyanyi sopran opera ternama Maria Callas. Di laman muka mesin pencari Google, terpampang Doodle yang mengilustrasikan penampilan Maria Callas di sebuah gedung opera.

Maria Callas sendiri adalah seorang wanita berkebangsaan Yunani yang namanya melejit di dunia opera pada era pasca Perang Dunia II. Wanita yang terlahir dengan nama lengkap Maria Anna Sophie Cecilia Kalogeropoulos itu lahir di New York, 2 Desember 1923 silam.

Ia memulai debut pertamanya di panggung opera National Conservatoire, Athena, saat usianya masih sangat belia, yaitu 15 tahun. Namun debutnya tersebut mampu memesona para hadirin dan pemerhati opera internasional. Hingga pada akhirnya ia dipinang oleh komunitas opera ternama, La Scala di Milan, Italia pada tahun 1951.

Sejak berkarir di La Scala, Callas menjadi sangat populer, Selain karena kecantikannya, kemampuan oleh vokalnya mampu menarik perhatian pencinta opera di seluruh dunia. Ia memulai tur internasionalnya menuju New York, Chicago, London, hingga Paris.

Popularitasnya membuat pengusaha asal Yunani, Aristotle Onassis terpikat. Mereka pun terlibat affair. Onassis yang juga seorang raja kapal pesiar, pernah mengundang mantan Presiden Soekarno untuk menyaksikan Callas tampil di salah satu kapal pesiarnya. Saat itu presiden Soekarno pun terpukau dengan kemampuan vokal Callas.

Namun tragis, Callas ditinggal Onassis yang menikahi Jacqueline Kennedy, bekas istri mendiang Presiden AS John F Kennedy, pada 1968. Callas pun sakit hati, karirnya terus menurun hingga akhirnya ia meninggal pada 16 September 1977 akibat gagal jantung.

(dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.