Sukses

Samsung Berusaha Comblangi Tizen OS dan Firefox OS

Sama-sama berbasis HTML5, aplikasi yang dibuat untuk Firefox OS nantinya bisa dijalankan pada perangkat Tizen OS. Begitu pula sebaliknya.

Samsung selama ini identik sebagai vendor pembuat perangkat Android paling besar di dunia. Perpaduan Android dan Samsung memang tak dapat dipungkiri berhasil menguasai pasar mobile device dunia.

Namun, sebagian orang menyebut Samsung sudah mengalami ketergantungan pada sistem operasi mobile buatan Google tersebut. Mungkinkah perusahaan asal Korea Selatan itu akan melepaskan diri dari Android?

Pertanyaan itu sebenarnya telah dijawab oleh Samsung dengan menggunakan sistem operasi mobile lainnya. Bahkan, Samsung mengembangkan sistem operasi baru bernama Tizen OS. Ke depannya, Samsung berusaha membuat platform buatannya itu akan lebih kaya dengan menjalankan kerjasama dengan pihak lain, Firefox OS misalnya.

Chief Secretary Samsung, Wonsuk Lee mengungkap bahwa perusahaannya sedang berusaha membina hubungan antara dua sistem operasi alternatif tersebut. Seperti dilansir Phone Arena, hal itu dinyatakan Lee saat menghadiri konferensi HTML5.

Perlu diketahui, baik Firefox OS maupun Tizen OS memang dibangun berbasis HTML5. Kesamaan itu memungkinkan aplikasi yang dibuat untuk Firefox OS bisa dijalankan pada perangkat Tizen OS, begitu pula sebaliknya.

Firefox OS kemungkinan akan lebih banyak menyasar pasar kelas menengah ke bawah dengan produk yang lebih terjangkau. Sedangkan Tizen OS diprediksi bakalan hadir untuk pasar kelas atas ataupun kelas bawah.

Spekulasi yang beredar menyebutkan Samsung sedang berusaha melahirkan satu koalisi baru di ranah sistem operasi mobile. Kemungkinan akan ada perang baru antara iOS dan Android melawan koalisi Tizen-Firefox OS di masa depan. (den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.