Sukses

Pertama Kalinya, Windows Phone Kuasai 10% Pasar Smartphone

Pada kuartal ketiga 2013, Windows Phone mampu meraih pangsa pasar lebih dari 10% untuk pertama kalinya di Eropa.

Windows Phone mulai memperlihatkan geliatnya di pasar smartphone. Laporan yang diungkap oleh analis pasar Kantar Worldpanel menjadi buktinya.

Laporan kuartal ketiga 2013 menunjukkan Windows Phone mampu meraih pangsa pasar lebih dari 10% untuk pertama kalinya di Eropa. Tak hanya Windows Phone, Android semakin populer dan memantapkan diri di posisi puncak di wilayah tersebut.

Laman GSM Arena yang dikutip Selasa (3/12/2013) melansir, raihan pangsa pasar Windows Phone meningkat lebih dari dua kali lipat dari yang didapatkannya pada periode yang sama tahun lalu. Saat itu, Windows Phone meraih pangsa pasar hanya sebesar 4,7%.

Lembaga analisa pasar itu mengungkap bahwa kebanyakan Windows Phone yang mendorong peningkatan pangsa pasarnya di Eropa adalah ponsel model kelas bawah. Menurut laporan tersebut, sekitar 75% ponsel Nokia Lumia yang terjual di Inggris adalah ponsel murah Lumia 520 dan Lumia 620.

Tren tersebut serupa dengan pasar di Uni Eropa lainnya. Windows Phone pun terlihat berhasil mendapatkan lonjakan terbesar di Inggris menjadi 12% pada bulan Oktober lalu.

Sementara itu, sistem operasi 'robot hijau' Android mendapat kenaikan pangsa pasar 7% menjadi 70,9% di lima pasar terbesar Eropa. Sementara itu perangkat berbasis iOS yang mampu berjaya di Jepang dan Amerika Serikat ternyata tak begitu berkutik di pasar Eropa meskipun telah meluncurkan iPhone 5S dan 5C.

Platform iOS di tahun 2013 ini tercatat hanya mampu meraih pangsa 15,8% di lima negara besar Eropa. Penguasaan sistem operasi buatan Apple itu menurun dari sebesar 21,2% yang dicapai tahun lalu ketika iPhone 5 meluncur.

Selain iOS, platform lain yang tercatat menurun adalah Blackberry yang hanya mampu meraih pangsa 3% di Eropa. Tahun lalu, vendor Kanada itu  masih menguasai sebesar 7,9% dari pangsa pasar wilayah Benua Biru. (den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.