Sukses

Merger XL-Axis Direstui, Apa Untungnya Buat Pelanggan?

Pelanggan Axis nantinya akan tetap dapat menikmati tarif dan layanan yang sama seperti sebelumnya dan dapat dilayani di XL Center.

Kementerian Kominfo telah memberikan restu kepada XL Axiata dan Axis untuk melakukan merger akuisisi melalui surat persetujuan per tanggal 29 November 2013. Akuisisi ini akan memperkuat posisi XL di industri telekomunikasi Indonesia.

Lalu apa untungnya buat pelanggan dengan mergernya XL dan Axis?

Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi menegaskan bahwa dengan bergabungnya XL dan Axis, pelanggan Axis nantinya akan tetap dapat menikmati tarif dan layanan yang sama seperti sebelumnya.

"Selain tarif yang tidak berubah, pelanggan Axis nantinya juga dapat dilayani di XL Center (walk-in center). Selain itu, pelanggan Axis bahkan dapat menikmati jangkauan layanan yang lebih luas di daerah seperti sebagian Sumatra, sebagian Jawa Barat dan Jawa Tengah serta kota Surabaya melalui kerjasama roaming nasional dengan XL," tambah Hasnul.

Terkait proses integrasi kedua perusahaan, Hasnul menegaskan bahwa XL dan Axis saat ini masih terus berkoordinasi secara intensif. Proses integrasi tersebut diklaim tidak akan mempengaruhi kenyamanan pelanggan dalam menggunakan layanan kedua operator.

XL mengapresiasi persetujuan yang diberikan oleh pemerintah. Selanjutnya XL akan menyiapkan semua langkah-langkah dan persyaratan yang harus ditempuh sesuai aturan, termasuk menyerahkan frekuensi dan memperoleh persetujuan dari regulator terkait dan pemegang saham XL melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB).

RUPSLB rencananya baru akan digelar pada awal Januari 2014. Selain restu dari Kominfo, XL juga masih harus mendapat izin akuisisi dari Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Badan Kordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Setelah semua proses tersebut dijalani, XL-Axis baru bisa menandatangani perjanjian jual beli (SPA). Kesepakatan SPA ini diharapkan bisa dilakukan pada akhir kuartal pertama tahun 2014. (dew)


Baca juga:
Kisah 'Cinta' XL-Axis Ditentukan Januari
Merger XL-Axis Tinggal Tunggu Restu Pemegang Saham
Pemerintah Restui Merger Akuisisi XL dan Axis
Akuisisi Axis, XL Sebenarnya Hanya Incar Frekuensi?
XL-Axis Merger, Frekuensi Berapa Yang Diambil Pemerintah?
Akuisisi Axis Akan Perkuat XL di Sektor Telekomunikasi
Sah, XL Resmi Akuisisi Axis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini