Sukses

Serius Investasi, LG Akan Buka Pabrik Kedua di Indonesia

LG berencana untuk membuka pabrik keduanya di wilayah Tangerang. Saat ini LG telah memiliki satu pabrik perakitan di Bekasi.

Strategi membuka pabrik baru merupakan salah satu langkah yang dilakukan sejumlah perusahaan untuk memperluas pangsa pasarnya di Indonesia. LG tengah berencana untuk kembali membuka pabrik keduanya di wilayah Tangerang. Saat ini LG telah memiliki satu pabrik perakitan di Bekasi.

Bedanya, jika di Cibitung proses perakitan lebih difokuskan untuk produk televisi, nantinya di pabrik baru perusahaan asal Korea Selatan ini akan lebih fokus untuk produk pendingin udara, mesin cuci dan kulkas. Bahkan untuk menjangkau pasar yang lebih luas, rencananya di pabrik baru tersebut LG akan merilis air conditioner (AC) 1/2 dan 1 PK untuk segmen menengah bawah. 

Hingga kini pangsa pasar domestik AC LG di bawah 1 PK sekitar 45%. Diprediksi tren AC pada tahun 2015 masih akan membidik tipe 1 PK di mana jumlah produksinya diharapkan bisa meningkat hingga 90% pada minggu kedua pabrik kedua resmi beroperasi tahun depan.

"Untuk membuka pabrik baru di Tangerang, LG sudah berinvestasi sebesar USD 9 juta, khusus untuk produksi AC saat ini semua mesinnya sudah set up pdan khusus untuk memproduksi AC dengan kapasitas 1/2 PK," ujar Yanus S.K.P, General Manager HE MFG-1 Division LG Electronics Indonesia di sela kunjungan media ke pabrik perakitan TV LG di Kawasan Industri Cibitung, Bekasi.

Saat ini produksi AC kapasitas 1/2 PK masih sekitar 100 set per hari. Dengan kehadiran pabrik baru nantinya ditargetkan perusahaan asal Korea Selatan ini mampu memproduksi sekitar 2.000 set dalam kurun waktu satu tahun. (vin/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini