Sukses

Bersiaplah Menyambut Bluetooth 4.1 Yang Lebih Cepat

Bluetooth v4.1 memiliki transfer data yang lebih cepat sehingga membuat transfer data lebih efisien ketika terhubung dengan perangkat baru.

Setelah Bluetooth versi v1.0, v2.0, v3.0, dan v4.0, badan pengawasan pengembangan Bluetooth yaitu Bluetooth SIG (Special Interest Group) baru-baru ini merilis standar baru dari teknologi koneksi nirkabel yaitu Bluetooth v4.1.

Pada versi terbaru ini Bluetooth SIG menjanjikan kinerja yang lebih baik dari versi sebelumnya yaitu v4.0. Pertama adalah dari sisi kegunaan, yang memungkinkan koneksi Bluetooth dan LTE radio dapat terhubung ke perangkat secara bersamaan tanpa mengganggu transmisi satu sama lain.

Kemudian v4.1 juga memiliki koneksi yang lebih baik, di mana interval rekoneksinya lebih fleksibel. Sebagai contoh, di saat perangkat Anda terhubung ke perangkat lain berada di luar jangkauan dan terputus, secara otomatis koneksi akan terhubung kembali.

Lalu yang terpenting adalah Bluetooth v4.1 memiliki transfer data yang lebih cepat sehingga membuat transfer data lebih efisien ketika terhubung dengan perangkat baru. Dan juga mendukung protokol internet generasi baru yaitu IPV6.

Mengutip laman Android Central, Kamis (5/12/2013), teknologi Bluetooth anyar ini juga memberikan fleksibilitas bagi para pengembang. Memungkinkan perangkat untuk menjadi periferal dan hub pada saat bersamaan.

Pada peningkatan tersebut jelas bahwa Bluetooth 4.1 sengaja dirancang untuk memaksimalkan kinerja perangkat yang bisa dipakai di tubuh (wearable gadget). Misalnya, smartwatch dapat menjadi hub untuk perangkat lain guna mengecek kesehatan pengguna dan periferal ke smartphone di saat yang sama.

Namun sayang, hingga berita ini diturunkan, pihak Bluetooth SIG tidak memberikan informasi mengenai berapa kecepatan rata-rata transfer data yang dimiliki Bluetooth 4.1 dan kapan teknologi Bluetooth cerdas ini akan hadir di setiap perangkat. (isk/dew)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini