Sukses

Indonesia Adalah Pengguna Aktif Path Terbesar di Dunia

Pengguna Path Indonesia setiap harinya menyumbang sekitar setengah dari keseluruhan aktivitas di jejaring sosial ini secara global.

Sama seperti Facebook dan Twitter, Path adalah jejaring sosial yang mengalami pertumbuhan pengguna yang sangat pesat. Hingga akhir kuartal kedua 2013, Path dilaporkan memiliki 12 juta pengguna yang berasal dari pengguna perangkat Android dan iOS.

Hebatnya, sebulan kemudian, tepatnya September 2013, jejaring sosial itu mengumumkan telah meraih 20 juta pengguna. Dan siapa sangka, negara penyumbang trafik terbesar untuk Path ternyata adalah Indonesia.



Trafik pengguna Indonesia bahkan mengalahkan negara asalnya, Amerika Serikat. Dalam sebuah wawancara di Jakarta, awal November 2013, CEO dan Co-founder Path Dave Morin, mengatakan, angka pengguna aktif Path di Indonesia ternyata yang terbesar di dunia, dengan jumlah mencapai 4 juta orang.


Indonesia Sumbang 30 Persen trafik Path
Mengutip laman Daily Social, Jumat (6/12/2013), pengguna Path Indonesia setiap harinya menyumbang sekitar setengah dari keseluruhan aktivitas di Path. Dengan kata lain, 50 persen pengguna aktif harian Path berasal dari Indonesia.

Jika dipersentasekan, setiap bulannya Indonesia menyumbang 30 persen trafik Path secara global. Disusul Negeri Paman Sam yang sama-sama memberi 30 persen dan merupakan basis pengguna Path terbesar kedua di dunia setelah Indonesia.



Sisanya sebanyak 40 persen datang dari negara lain. Sementara kalau dilihat dari segi gender, pengguna aktif terbesar Path adalah perempuan dengan rentang usia 19-20 tahun. Lalu, mengapa pengguna Path terbanyak ada di Indonesia?

Morin memaparkan, karena masyarakat Indonesia mudah akrab dengan hal-hal baru yang inovatif. Bahkan mungkin yang paling mudah beradaptasi dengan teknologi baru ketimbang negara-negara lain di dunia.


Tahun Depan, Path Hadir di BlackBerry?
Besarnya pengguna Path di Indonesia, mungkin membuat Morin semakin serius menggarap pasar Indonesia. Dan salah satu caranya adalah dengan menyediakan aplikasi Path untuk perangkat BlackBerry.

Hal ini diungkapkan Morin saat diwawancarai salah satu stasiun televisi kenamaan di Indonesia. Saat ditanya kapan Path akan hadir di BlackBerry 10, Morin pun menjawab: "Rencananya tahun depan."

Namun ia tak menjelaskan soal tanggal perilisan Path di BlackBerry 10. Morin pun tak mengatakan lebih lanjut, apakah Path juga akan menyambangi platform BlackBerry model terdahulu, seperti OS 6 dan 7 atau tidak.



Path sendiri kini sudah mendukung Bahasa Indonesia sejak pertengahan tahun lalu, begitu pula bahasa Mandarin dan Jepang. Saat ini pihaknya sedang fokus mengembangkan aplikasi Path untuk Windows Phone.


Juga Akan Hadir di Windows Phone
Bicara mengenai ketersedian Path di Windows Phone, Agustus 2013, bersamaan dengan peluncuran Nokia Lumia 1020, Morin menyatakan sudah membuat aplikasi Path versi Beta khusus untuk Windows Phone 8. Bahkan untuk pengguna Nokia, akan ada aplikasi Path ekslusif dengan 50 filter foto gratis.



Sekilas, tampilan Path di platform mobile milik Microsoft ini hampir sama dengan yang ada di perangkat iOS dan Android. Di Windows Phone 8, Path menyuguhkan fitur lockscreen, notifikasi, tampilan chat dan daftar kontak, serta 'Live Tile' ganda yang berjalan di Lumia 925.

Menurut WPCentral, beberapa bagian dari penampilan baru Path ini mengingatkan mereka pada aplikasi terbaru Facebook. Meski demikian, mereka masih belum bisa memastikan apakah tampilan ini adalah usulan dari tim desain Clarity Consulting atau memang merupakan perubahan desain yang terjadi di aplikasi Path. (isk)



Baca juga:
Siapa Sosok di Balik Lahirnya Jejaring Sosial Path?
Path Mencoba Untuk Menjadi BMW atau Audi
Sebelum Merengkuh Sukses, Path Dihujani Banyak Masalah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini