Sukses

Cara Praktis Menghemat Baterai di Perangkat iOS 7

Sistem operasi iOS 7 tidak bisa dibuktikan berdampak pada borosnya daya baterai. Permasalahan ini justru terkait dengan perilaku pengguna.

Berkurangnya daya tahan baterai menjadi isu utama para pengguna perangkat besutan Apple yang telah melakukan update sistem operasi ke platform terbaru iOS 7.

Menurut yang dilansir laman PC Magazine, faktanya hingga saat ini sistem operasi iOS 7 tidak bisa dibuktikan berdampak pada borosnya pemakaian daya baterai. Permasalahan ini justru lebih masuk akal jika dikaitkan dengan perilaku pengguna.

Meski begitu, PC Magazine memberikan sejumlah tips dan trik mudah bagi Anda para pengguna perangkat berbasis iOS 7 yang merasa daya tahan baterainya menjadi semakin boros.

Berikut adalah 7 langkah mudah menghemat baterai di perangkat iOS 7:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman


 1. Update software secara rutin

Pastikan Anda selalu melakukan update software ketika program pembaruannya memang telah tersedia. Langkah ini dipercaya akan memperingan kinerja hardware sehingga daya tahan baterai pun dapat diminimalisir.

2. Batasi Location Services

Aplikasi yang menggunakan layanan lokasi seperti maps dan media sosial dapat menguras baterai dengan cepat. Untuk menonaktifkan layanan lokasi, Anda hanya perlu mengakses Settings > Privacy > Location Services lalu nonaktifkan Locations Services ke posisi OFF, atau aktifkan layanan lokasi hanya untuk aplikasi yang diperlukan.

3. Redupkan layar

Membiarkan layar perangkat Anda tampil pada tingkat kecerahan penuh dapat menguras daya baterai dengan sangat cepat. Untuk menurunkan tingkat kecerahan, buka Control Center lalu geser slider Brightness ke kiri untuk menurunkan tingkat kecerahan layar. Kecerahan yang lebih rendah akan menghemat lebih banyak daya baterai.

3 dari 4 halaman

 
4. Matikan Wi-Fi & Bluetooth

Bila Anda sedang tidak memanfaatkan jaringan WiFi atau Bluetooth, akses Control Center lalu nonaktifkan konektifitas WiFi dan Bluetooth. Anda juga dapat nonaktifkan Ask to Join Networks jika Anda tidak menginginkan perangkat berbasis iOS7 Anda untuk terus mencari jaringan WiFi.

5. Matikan Background App Refresh

Beberapa aplikasi dapat secara otomatis melakukan refresh kontennya di background sehingga aplikasi Anda menjadi selalu up to date. Akan tetapi secara tidak langsung juga akan mencuri daya baterai dengan cukup cepat.

Untuk nonaktifkan fitur ini, pilih Settings > General dan nonaktifkan Background App Refresh ke posisi OFF. Atau Anda juga dapat langsung menonaktifkan aplikasi yang tidak perlu secara otomatis.

4 dari 4 halaman


6. Matikan tampilan Wallpaper Dynamic

Tampilan antarmuka Wallpaper Dynamic dari iOS 7 cukup menguras baterai apabila diaktifkan. Untuk menghemat baterai, pilih wallpaper statis dengan mengakses Settings > Wallpapers & Brightness > Choose >Stills.

7. Matikan layanan Siri

Siri menggunakan banyak daya baterai, jadi jika Anda tidak menggunakannya, nonaktifkan Siri dengan memilih Settings > General > Siri lalu nonaktifkan Siri ke OFF.

(dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini