Sukses

Kapal Terbesar di Dunia Karya Samsung, Panjangnya 488 Meter

Tangki penyimpanan kapal Prelude yang diklaim terbesar di dunia ini memiliki kapasitas setara dengan sekitar 175 kolam renang Olimpiade.

Prelude FLNG adalah kapal terbesar di dunia. Kapal ini dipesan oleh perusahaan minyak Royal Dutch Shell untuk mengangkut gas alam cair. Beratnya 600.000 ton dengan panjang 488 meter.

Jika diberdirikan, kapal ini lebih tinggi dari gedung Empire State Building di New York. Kapal ini dibangun oleh anak perusahaan Samsung Group -- Samsung Heavy Industries, salah satu pembuat kapal terbesar di dunia dan salah satu dari tiga besar pembuat kapal Korea Selatan.

Tinggi kapal Prelude mencapai 93 meter. Prelude dirancang untuk menarik gas dari bawah dasar laut untuk kemudian dikirimkan ke Asia. Kapal ini diperkirakan dapat menghasilkan 3,6 juta ton LNG (Liquefied Natural Gas) per tahun.

Menurut laman Dailymail, tangki penyimpanan Prelude memiliki kapasitas setara dengan sekitar 175 kolam renang Olimpiade. Tidak dijelaskan berapa banyak biaya yang dihabiskan untuk membangun kapal ini, tetapi analis memperkirakan jumlahnya berkisar $12 milyar.

Para engineer mengungkapkan bahwa rencananya mereka akan membangun sebuah kapal yang lebih besar dan lebih tangguh dari Prelude.

" Ya kita akan membangun yang lebih besar dan pindah ke lingkungan yang lebih ekstrim," kata Bruce Steenson, General Manager of Integrated Gas Programmes and Innovation.

"Kami sedang merancang sebuah fasilitas yang lebih besar," ujarnya lagi.

Dalam siaran pers di situsnya, Shell mengatakan bahwa Prelude akan beroperasi di sekitar 295 km sebelah timur laut dari Broome, sebuah kota di Australia Barat, selama sekitar 25 tahun. (dew)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.