Sukses

Kata-kata Tak Senonoh Diblokir di Android KitKat

Kata-kata seperti intercourse, coitus, screwing atau bahkan lovemaking tidak akan bisa dicari di Android KitKat.

Google memblokir lebih dari 1.400 kata dalam bahasa Inggris yang dianggap tidak pantas bagi para pengguna Android KitKat. Kata-kata seperti intercourse, coitus, screwing atau bahkan lovemaking tidak akan bisa dicari.

Hingga saat ini setidaknya ada 165.000 kata dalam bahasa Inggris yang dilarang. Google memasukkan kata-kata terlarang itu dalam direktori khusus di Android KitKat.

Selain intercourse, coitus, screwing, lovemaking, kata-kata yang berhubungan dengan kesehatan seperti Tampax, lactation, pregger, panty, braless, uterus, STI dan condom juga dilarang. Kata butt dan geek juga dilarang.

"Saya mencoba untuk mengetik kata 'condom' dan saya mendapatkan kata 'condition' atau 'confusion'," kata Jillian York, juru bicara Electronic Frontier Foundation. "Konteksnya tidak masuk akal," komentarnya.

Anehnya ada beberapa kata yang ditoleransi seperti kata morfin dan demerol, sementara kata marijuana, methamphetamine dan bahkan bong diperbolehkan. Kata-kata yang terkait Islam seperti Sunni dan Iftar disensor.

Kata AMD dan Garmin tidak diperbolehkan, namun pesaing Google seperti Apple dan Microsoft diizinkan. Klansmen dan supremacist diblokir, tetapi Nazi justru diperbolehkan.

Tidak dijelaskan bagaimana Google melakukan kompilasi daftar kata-kata terlarang itu, termasuk apakah akan terus di-update. Demikian dilansir dari Wired yang ditulis Selasa (10/12/2013).

Pastinya kata-kata tersebut nantinya tidak akan dikenal dalam fitur autocomplete di Android KitKat. Anda nantinya akan disarankan untuk menggunakan kata-kata lain. Namun, filter untuk direktori ini disinyalir dapat dinonaktifkan dalam pengaturan Keyboard Google.

(dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.