Sukses

Ekspansi Pasar UKM, Fujitsu Tambah Distributor

Distributor yang baru ini memiliki coverage dan jaringan yang cukup luas. Pengalamannya di pasar UKM terkait produk hardware juga bagus.

Usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia tumbuh cukup subur. Tek heran jika para perusahaan penyedia layanan dan solusi enterprise teknologi informasi (TI) berlomba-lomba menggaet pasar UKM Tanah Air.

Menurut data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, perusahaan yang masuk dalam kategori UKM di Indonesia terdapat sekitar 55 juta. Jumlah itu tentu menjadi pasar yang sangat potensial untuk memasarkan berbagai produk.

Perusahaan asal Jepang, Fujitsu pun tak ingin ketinggalan mengekspansi pasar UKM Indonesia. Fujitsu memasarkan produknya ke pasar UKM melalui PT. ECS Indonusa yang merupakan distributor perangkat dan solusi TI.

Tahun 2014, Fujitsu akan lebih fokus untuk mengekspansi pasar UKM. Niat itu diwujudkan dengan menambah satu rekanan distributornya. Perusahaan bernama PT. Tixpro Informatika Megah yang baru digaet Fujitsu diklaim cukup berpengalaman di pasar UKM.

"Distributor yang baru ini memiliki coverage dan jaringan yang cukup luas. Pengalamannya di pasar UKM terkait produk hardware juga bagus," kata Achmad Sofwan, Presiden Direktur Fujitsu Indonesia di Senggigi Beach Hotel, Lombok.

Fokus ekspansi pasar UKM atau SME yang dilakukan Fujitsu adalah di sektor perangkat keras (hardware). "Fokus di kelas SME dilakukan melalui pemasaran hardware," imbuh Achmad.

Perusahaan yang berpusat di Negeri Sakura itu mengaku telah menyiapkan berbagai layanan teknologi dan layanan inovatifnya yang bisa dimanfaatkan UKM. Berbagai produk yang disediakan itu diharap bisa membantu UKM menghadapi tantangan bisnis ke depannya.

Sementara ini, Fujitsu memilih UKM dengan industri manufaktur, layanan finansial, kesehatan dan banking sebagai fokus pemasaran produknya tahun depan. (den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini