Sukses

Analis: <i>Smartphone</i> Android Nokia Akan Dijual Murah

Tidak mustahil jika Nokia akan merilis smartphone Android murah untuk bersaing di segmen low-end.

Rumor bahwa Nokia akan segera merilis smartphone bersistem operasi Android semakin merebak. Kabar ini menyebar setelah beberapa waktu lalu akun Twitter @evleaks mem-posting sebuah foto smartphone yang diprediksi bernama Normandy dan bakal menjadi debut Android Nokia. Kini sejumlah analis pun ikut angkat suara.

[Baca juga: Inikah Smartphone Android Dari Nokia?]

Yang pertama adalah Rinchard Windsor, seorang konsultan analis di Radio Free Mobile mengatakan bahwa Nokia memang masih akan menggunakan Windows Phone di lini bisnis utama mereka untuk segmen high-end. Namun, tidak mustahil jika Nokia akan merilis smartphone Android murah untuk bersaing di segmen low-end.

"Tak sedikit yang gagal memasarkan smartphone Android murah. LG, HTC dan Motorola gagal, akan tetapi Samsung sukses. Mungkin Nokia jauh lebih beruntung dan sukses di segmen pasar entry level," ungkap Windsor dikutip dari laman Guardian, Jumat (13/12/2013).

Sementara itu, Ian Fogg, seorang analis kenamaan dari IHS Suppli juga memiliki pendapat yang tak jauh berbeda. Ia menjelaskan, "Jika Amazon saja bisa mengkustomisasi Android untuk mendorong ekosistemnya, tidak ada alasan mengapa Microsoft dan Nokia tidak melakukan hal yang sama."

Meski pertumbuhan Windows Phone saat ini mulai menggeliat naik dan suskses menggeser BlackBerry, namun posisinya masih berada di bawah Android dan iOS. Maka dari itu, tak menutup kemungkinan jika nantinya Nokia juga akan mengadopsi Android guna meraup keuntungan yang lebih besar.

[Baca juga: Pertama Kalinya, Windows Phone Kuasai 10% Pasar Smartphone]

Nokia sendiri saat ini sebenarnya cukup sukses di pasar smartphone segmen menengah ke bawah dengan dirilis handset Lumia 520 dan 620. Bahkan menurut yang dilansir laman GSM Arena, penjualan seri Lumia 520 dan 620 mampu mendorong market share sistem operasi Windows Phone hingga di atas 10% di pasar Uni Eropa. (dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini