Sukses

NASA Akan Kirim Robot `Iron Man` ke Planet Mars

Robot ini sekilas mirip dengan superhero Iron Man. NASA akan mengirim robot ini lebih dulu ke planet ini sebelum astronot.

Tim engineer NASA Johnson Space Center di Houston, Texas, telah merancang dan membangun sebuah robot humanoid terbaru untuk menjalankan fungsi sebagai astronot.

Nama robot ini adalah Valkrie, tim engineer membangun robot ini hanya dalam waktu sembilan bulan. Tingginya sekitar 1,9 meter dengan berat 124 kilogram. Robot ini sekilas mirip dengan superhero Iron Man, di bagian dadanya terdapat logo NASA yang bersinar.

Valkrie dikembangkan untuk DARPA Robotics Challenge dan dirancang untuk membantu manusia. Untuk menguji kemampuannya, DARPA akan menguji coba Valkyrie melalui berbagai skenario yang mungkin akan dihadapi di Mars dalam situasi yang ekstrim.

Valkyrie nantinya bisa mengemudi kendaraan, membersihkan puing-puing, memotong melalui dinding dan melakukan tugas-tugas lain yang ekstrim.

"Kemungkinan, NASA akan mengirim robot ini lebih dulu ke planet ini sebelum astronot. Robot ini akan mempersiapkan jalan bagi penjelajah manusia dan ketika manusia tiba, robot dan manusia akan bekerja sama untuk membangun habitat, menyiapkan pondasi," kata Nicolaus Radford, pimpinan Dexterous Robotics Lab at NASA.

Menurut laman Mashable yang dikutip Minggu (15/12/2013), robot Valkrie dilengkapi dengan peralatan sonar, seluruh tubuhnya juga ditanam kamera mulai dari kepala sampai kaki serta dilengkapi baterai ransel raksasa.

(dew)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini