Sukses

Dibanding Android dan BlackBerry, Pebisnis Lebih Pilih iOS

Sepanjang tahun 2013 diperkirakan ada sekitar 190 ribu perangkat berbasis iOS yang digunakan oleh pelaku bisnis.

Keamanan data merupakan isu sensitif dalam industri bisnis. Beberapa tahun terakhir, BlackBerry banyak diadopsi di kalangan pebisnis karena jaminan keamanan data yang ditawarkannya.

Namun hal tersebut tampaknya kini sudah tak berlaku lagi. Pasalnya menurut hasil studi yang dilakukan oleh perusahaan riset Intermedia, dominasi BlackBerry di kalangan pebisnis kini telah digeser oleh perangkat berbasis iOS dari Apple. Sebagian besar pelaku bisnis kecil dan menengah disisinyalir Intermedia kini lebih menggandrungi perangkat mobile besutan Apple.

Dilansir laman Electronista, Senin (16/12/2013), sekitar 76% dari pengguna yang melakukan aktivasi email khusus pelaku bisnis Microsoft Exchange menggunakan perangkat iPad dan iPhone. Dengan kata lain, sepanjang tahun 2013 ada sekitar 190 ribu perangkat berbasis iOS yang digunakan oleh pelaku bisnis. Jumlah ini enam kali lebih besar dari aktivasi email seluruh perangkat Android dari kalangan pebisnis yang hanya sebesar 29 ribu perangkat. 


Untuk segmen Android, dominasi Samsung masih cukup kuat bila dibandingkan dengan para pesaing lainnya seperti  HTC dan Motorola. Saat ini Samsung telah menguasai 12% pangsa pasar smartphone Android dari kalangan pebisnis, diikuti Motorola 5% dan HTC sebesar 2%.

Sementara BlackBerry justru begitu terpuruk. Jika sebelumnya mereka sangat digandrungi oleh kalangan pebisnis, kini aktivasi email Microsoft Exchange yang berasal dari perangkat BlackBerry justru hanya 1%, setara dengan Windows Phone. (vin/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.