Sukses

3 Akuisisi Termahal di Jagat Teknologi Sepanjang 2013

Berikut tiga proses jual beli perusahaan teknologi yang termasuk dalam kategori akuisisi termahal sepanjang tahun 2013.

Hadirnya teknologi baru yang kemudian lebih disukai oleh sebagian besar pengguna kerap berpengaruh pada eksistensi sebuah perusahaan. Persaingan bisnis yang semakin ketat pun kemudian menjadikan sebagian perusahaan memilih untuk gulung tikar.

Meski hal tersebut dianggap sebagai pilihan terakhir, upaya akusisi untuk menyelamatkan kondisi perusahaan merupakan pilihan lain yang kerap ditempuh. Sepanjang tahun 2013, terjadi sejumlah proses akuisisi terhadap perusahaan atau layanan kenamaan di jagat teknologi.

Tidak sedikit proses jual beli perusahaan yang diluar ekspektasi banyak orang. Mengingat sebelumnya perusahaan yang dibeli merupakan salah satu pemain penting dalam industi teknologi. Berikut tiga proses jual beli perusahaan teknologi yang termasuk dalam kategori akuisisi termahal.

1. Yahoo Beli Tumblr Seharga USD 1 Miliar

Sejak tahta kepemimpinan Yahoo dipegang oleh Marissa Mayer, perusahaan ini hampir setiap bulan membeli sebuah perusahaan perintis (startup). Salah satu yang mengguncang jagat teknologi yakni keputusan Mayer membeli situs blog, Tumblr.

Pertengahan Juni 2013, Dewan Direksi Yahoo telah memberi persetujuan dana akuisisi sebesar US$ 1,1 miliar atau sekitar Rp 13,4 triliun. Angka ini lebih besar dari penawaran Yahoo sebelumnya, yaitu sebesar US$ 1 miliar atau sekitar Rp 12 triliun, yang dianggap terlalu kecil oleh Tumblr.

Nilai kesepakatan ini juga menjadi akuisisi terbesar Mayer sejak didapuk menjadi CEO pada Juli 2012. Sebagai bagian dari akuisisi, pendiri dan CEO Tumblr David Karp juga akan mendapat dana segar dari proses akuisisi yang dilakukan. Selain itu, Karp akan bergabung dengan Yahoo setidaknya hingga empat tahun ke depan sebagai CEO yang bertugas mengendalikan Tumblr.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Google Beli Layanan Navigasi Waze

Dalam postingan di blog resminya, pada pertengah Juni 2013 Google mengumumkan bahwa pihaknya telah resmi membeli Waze. Kabar yang beredar menyebut Waze dibeli dengan uang tebusan sebesar US$ 1,3 miliar atau sekitar Rp 15,8 triliun.

Waze nantinya akan diintegrasikan dengan Google Maps untuk menjadikan layanan Google Maps lebih baik lagi. Perusahaan lain seperti Apple, Facebook dan Yahoo kabarnya tertarik membeli Waze, namun akhirnya pilihan jatuh kepada Google.

Facebook sempat diberitakan sudah terlebih dahulu tertarik membeli Waze. Perusahaan milik Mark Zuckerberg itu bahkan siap menggelontorkan uang sebesar US$ 1 miliar atau sekitar Rp 12 triliun untuk mengakuisisi Waze.

3 dari 3 halaman

3. Nokia Dibeli Microsoft Senilai USD 7,17 miliar

Akuisisi yang dilakukan oleh Microsoft terhadap divisi mobile milik Nokia dapat dikategorikan sebagai salah satu yang paling fenomenal di tahun 2013. Microsoft mengeluarkan dana sebesar US$ 4,99 miliar atau sekitar Rp 60 triliun dan untuk lisensi paten sebesar US$ 2,18 miliar atau sekitar Rp 26,6 triliun. Total uang yang dikeluarkan mencapai US$ 7,17 miliar atau sekitar Rp 87,5 triliun.

Nokia merupakan mitra yang paling berkontribusi besar dalam memasarkan ponsel berbasis Windows Phone 8. Dengan proporsi 80% didominasi oleh Nokia, dan sisanya gabungan Samsung, HTC, dan Huawei.

Melalui perjanjian ini, Microsoft akan mendapatkan lisensi non-eksklusif selama 10 tahun terhadap ide-ide Nokia dan "hak timbal balik" untuk menggunakan paten Microsoft dalam layanan pemetaan Nokia Here. Meski demikian, Microsoft tetap meneguhkan komitmennya untuk mitra vendor lain yang juga menggunakan sistem operasi Windows Phone.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.