Sukses

Aplikasi Nokia Here Maps Lenyap Dari Toko Online Apple

Jangan kaget bagi Anda pengguna iPhone dan iPad jika tidak bisa menemukan aplikasi Here Maps di App Store. Sebab Nokia sudah menariknya.

Ketika Apple merilis Maps untuk sistem operasi iOS 6 tahun 2012 lalu, aplikasi peta itu banyak dikeluhkan karena kinerjanya buruk. Penyedia layanan peta lainnya dengan cepat menawarkan alternatifnya. Salah satunya adalah Nokia melalui aplikasi Here Maps.

Namun baru satu tahun aplikasi itu dirilis di toko aplikasi online Apple App Store, Nokia memutuskan untuk menariknya. Jadi jangan kaget bagi Anda pengguna iPhone dan iPad jika tidak bisa menemukan aplikasi Here Maps di App Store.

Aplikasi peta itu ditarik karena ada masalah di sistem operasi terbaru Apple, iOS 7.  Awalnya Nokia tidak mengungkapkan penyebab khusus ditariknya aplikasi itu. Tapi kemudian juru bicara Nokia memberikan konfirmasinya kepada Cnet.

"Kami memutuskan untuk menghapus aplikasi Here Maps dari Apple App Store karena perubahan terbaru di iOS 7 merusak pengalaman pengguna. Pengguna iPhone bisa menggunakan versi mobile web Here Maps melalui m.here.com," jelasnya.

Sayangnya juru bicara Nokia tidak menjelaskan secara rinci apa perubahan yang dimaksud.

Aplikasi Here Maps sendiri masuk ke toko App Store pada bulan November 2012. Salah satu kelebihan menggunakan Here Maps adalah peta yang sudah di-download bisa digunakan secara offline tanpa menggunakan koneksi data.

Lebih lanjut juru bicara Nokia menambahkan, "Kami tidak ingin menyalahkan Apple atau iOS 7, aplikasi itu hanya tidak optimal untuk iOS 7 jadi kami memutuskan untuk menghapusnya".

Sementara itu situs berita The Indian Express menyebut aplikasi Nokia Here Maps versi iOS banyak memiliki bug karena itu Nokia menariknya dari App Store. (dew)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini