Sukses

Google vs Apple, Siapa Yang Paling Tenar di 2013?

Google, Apple dan Microsoft adalah perusahaan teknologi 'raksasa' yang sepanjang tahun 2013 ini banyak disorot media. Siapa paling tenar?

Ada banyak teknologi update dan produk serta layanan baru yang diluncurkan di sepanjang tahun 2013 oleh perusahaan-perusahaan teknologi di dunia. Lalu siapakah yang paling ngetop dibicarakan?

Jawabnya adalah Google. Perusahaan raksasa mesin pencarian itu dinobatkan sebagai top company of 2013. Google berhasil menyingkirkan Apple yang sebelumnya menduduki posisi puncak dalam daftar tersebut.

Dow Jones baru-baru ini telah merilis infografik tentang perusahaan yang paling banyak dibicarakan selama tahun 2013. Berdasarkan infografik tersebut, Google duduk di posisi teratas sebagai perusahaan yang paling banyak dibicarakan di media dengan jumlah mention 124.000 sepanjang tahun 2013. Apple berada di peringkat kedua dengan jumlah 120.500 mention.

Google menerima banyak sorotan dalam pemberitaan setiap bulannya. Pemberitaan tentang Google yang paling tinggi terjadi pada bulan Mei 2013. Saat itu Google sedang mengadakan konferensi tahunan untuk para pengembang yaitu Google I/O.

Sementara itu, bulan terbesar bagi Apple adalah September. Saat itu perusahaan yang dikenal dengan logo apel tergigit itu mengumumkan dan merilis produk baru mereka yaitu iPhone 5S dan iPhone 5C. Pada peluncuran produk terbaru itu Apple juga mengumumkan akan menghentikan produksi iPhone 5 karena dikhawatirkan akan mengganggu penjualan iPhone terbaru.

Pada bulan itu juga, Apple merilis sistem operasi terbarunya yaitu iOS 7. Sistem operasi ini cukup banyak dinanti para penggemar Apple dan merupakan redesign besar pertama untuk perangkat lunak yang digunakan di iPhone dan iPad.

Di peringkat selanjutnya ada Microsoft. Raksasa pembuat software ini didapuk menjadi perusahaan ketiga yang paling banyak dibicarakan sepanjang tahun 2013 dengan jumlah mention lebih dari 84.000. Bulan tersibuk Microsoft adalah Juni, saat itu Microsoft meluncurkan sistem operasi Windows 8.1, yang merupakan versi update dari sistem operasi Windows 8.

Peringkat keempat diduduki oleh perusahaan non-teknologi yaitu Bank of America dengan hampir 71.000 mention. Perusahaan pesawat terbang Boeing berada di posisi kelima sebagai perusahaan yang paling banyak dibicarakan dengan 61.800 mention.

Data tersebut dikumpulkan Dow Jones dari periode 1 Januari sampai 1 Desember 2013. (dew)


Baca juga:
Siapa Tokoh Indonesia Paling Banyak Dicari di Internet?
10 Game Gratis Terbaik Sepanjang 2013 Versi Google
Beli Perusahaan Robot, Google Bakal Suplai Teknologi Militer?



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini