Sukses

iWatch Tak Kunjung Dirilis, Ini Alasan Manufaktur Apple

Pasokan bahan baku yang digunakan untuk merakit iWatch menjadikan proses produksi jam tangan pintar itu terus ditunda.

Kabar kehadiran jam tangan pintar (smartwatch) perdana besutan Apple bukan pertama kalinya berhembus. Jika dibandingkan kompetitor, langkah Apple bisa dibilang relatif lamban dalam merilis jam tangan pintar. Sebab hingga kini perangkat yang kabarnya akan mengusung nama iWatch itu tak kunjung menampakkan diri.

Berbeda dengan Qualcomm dan Samsung yang telah resmi menghadirkan jam tangan Toq dan Gear beberapa bulan lalu. Lalu apa sebenarnya yang menjadikan perusahaan asal Cupertino ini menunda kehadiran jam tangan pintar perdananya?

Situs Digitimes menyebut bahwa pasokan bahan baku yang digunakan untuk merakit iWatch menjadikan proses produksi jam tangan pintar itu terus ditunda. Sekitar 50% bahan baku yang berupa pasokan chassis dari logam injeksi disebut-sebut sebagai faktor utama ditundanya kehadiran smartwatch tersebut.

Proses pembentukan injeksi logam kerap digunakan dalam proses produksi massal produk berkualitas tinggi. Selain terkendala bahan baku, sumber terdekat kepada Ubergizmo menyebutkan bahwa desain yang relatif rumit mengharuskan komponen dibuat secara khusus.

Bentuk khusus ini dibuat untuk mempertahankan kesan kokoh serta proses perawatan permukaan yang menjadikan keseluruhan desain tetap terlihat premium

Seperti diketahui, Apple selalu menuntut kualitas tinggi dari setiap produk yang dihasilkannya, meski di sisi lain kenyataan pasokan komponen terbatas. Tidak mengherankan jika kemudian sebagian besar pembuat komponen merasa kesulitan dalam memenuhi dua persyaratan utama itu.

Bukan tidak mungkin jika tahun ini perusahaan yang didirikan oleh almarhum Steve Jobs dan Steve Wozniak tersebut akhirnya menyerah dan resmi meluncurkan iWatch. Seperti yang sempat dikatakan oleh Tim Cook beberapa waktu lalu, bahwa perusahaan yang dipimpinnya tengah menyiapkan rencana besar tahun ini. (vin/dew)


Baca juga:

Tim Cook Ungkap Rencana Besar Apple Tahun 2014
Penjualan Smartwatch Diprediksi Melonjak 500%
Oktober 2014, Apple iWatch Siap Meluncur

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.