Sukses

Sebentar Lagi Anda Bisa Streaming Video 4K di YouTube

YouTube mengklaim codec VP9 memiliki kualitas yang sama dengan H.264 codec video, namun ukurannya 50 persen lebih kecil.

Menonton video 4K atau Ultra HD memang mengasyikkan, tapi saat streaming video via internet, format video itu dirasa kurang praktis dan cukup menyedot data. Untuk memaksimalkan itu semua, situs berbagi video YouTube memiliki strategi khusus.

Menurut sebuah laporan, YouTube dikabarkan akan memamerkan teknologi streaming video 4K terbaru di ajang Consumer Electronic Show (CES) di Las Vegas, minggu depan. Mengutip laman Gizmodo, Sabtu (4/1/2014), teknologi itu akan memaksimalkan penggunaan data secara substansial karena ber-bandwidth rendah.

Hal itu dimungkinkan dengan penggunaan codec VP9, yang disinyalir dapat memangkas ukuran video. Resmi diumumkan pada konferensi Google I/O 2013, YouTube mengklaim codec VP9 memiliki kualitas yang sama dengan H.264 codec video, namun ukurannya 50 persen lebih kecil.

Saat CES 2014 digelar, YouTube dirumorkan akan memamerkan streaming video 4K di panggung pameran (booth) LG, Panasonic, dan Sony. Kemudian akan diumumkan daftar 19 mitra hardware yang mendukung codec VP9, termasuk vendor chipset ARM, Intel, Broadcom, dan Marvell serta vendor elektronik raksasa seperti Samsung, Sharp, dan Toshiba.

Jika rumor ini benar, codec VP9 dipastikan tidak hanya dapat memaksimalkan kinerja streaming video 4K saja, tetapi juga akan mendukung performa semua streaming video beresolusi tinggi sehingga akan bisa memangkas jumlah data yang digunakan pengguna internet.

Menurut standar Consumer Electronics Association, video 4K memiliki resolusi 3.840 x 2.160 piksel. Dengan resolusi yang demikian besar, penikmat video akan dimanjakan dengan detail dan warna yang sangat tajam.

Standar video 4K jauh lebih besar dari resolusi high definition (HD) yaitu 1.280 x 720 piksel dan full-HD 1.920 x 1.080 piksel. Di atas video 4K, ada lagi standar lebih tinggi yang disebut 8K dengan resolusi 7.680 x 4.320 piksel. Namun hingga saat ini belum menjadi produk konsumen. (isk)



Baca juga:
10 Video YouTube Terpopuler Sepanjang 2013
Mahasiswi Jual Foto Bugil di Facebook Demi Skuter Baru
Guru Dipecat Gara-gara Posting Foto Vulgar di Facebook
Facebook Terbelit Pajak, Mark Zuckerberg Jual Saham


 

 



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini