Sukses

5 Prediksi Tren Teknologi di CES 2014

Pagelaran CES 2014 akan segera dilangsungkan besok, 7-10 Januari. Kira-kira tren teknologi apa saja yang akan muncul di ajang CES tahun ini?

Pagelaran Consumer Electronics Show (CES) 2014 akan segera dilangsungkan besok, 7 hingga 10 Januari waktu Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat. Pameran produk teknologi terbesar yang diselenggarakan tiap awal tahun ini selalu dijadikan tolak ukur tren teknologi terbaru.

Anda pastinya penasaran kira-kira tren teknologi apa saja yang akan muncul di ajang CES tahun ini? Laman The Verge memprediksi beberapa teknologi teranyar yang akan menjadi hype dalam waktu dekat, atau bahkan di masa depan industri teknologi global.

Beberapa teknologi yang diprediksi akan menjadi tren tidak semuanya benar-benar baru, beberapa di antaranya seperti televis berlayar resolusi 4K dan wearable gadget sejatinya telah diperkenalkan sejak beberapa waktu lalu. Namun, diperkirakan teknologi-teknologi ini akan dihadirkan kembali dengan lebih sempurna.

Selain itu, terdapat pula beberapa teknologi inovatif yang futuristik, salah satunya adalah teknologi Smart Car. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah 5 prediksi tren teknologi yang akan muncul di CES 2014:

Baca juga:
Corning Luncurkan Pelindung Ponsel Berlayar Lengkung
CEO Intel Janjikan Pamer Smartwatch di CES 2014
Galaxy Gear 2 Siap Meluncur di CES 2014?
Archos Siapkan Jam Tangan Pintar Android Murah
Sebentar Lagi Anda Bisa Streaming Video 4K di YouTube


1. TV 4K

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Teknologi televisi berlayar 4K ini sebetulnya bukanlah 'barang' baru. Sejak gelaran CES 2013 silam, jajaran produk TV 4K sudah diperkenalkan, bahkan saat ini sudah ada beberapa yang dijual di pasaran.

Namun di ajang CES 2014 kali ini jajaran produk TV 4K yang dipamerkan telah mengalami penyempurnaan. Salah satunya seperti yang telah dijanjikan oleh LG dan Samsung.

Dua perusahaan asal Korea Selatan itu dilaporkan akan memamerkan produk TV beresolusi 4K dengan layar cekung. Untuk teknologi pendukungnya, bakal diperkenalkan pula ketersediaan konektor HDMI 2.0 sehingga memungkinkan TV menampilkan resolusi 4K 60 fps.
3 dari 6 halaman



2. Wearable Gadget

Samsung memang lebih dulu terjun ke pasar wearable gadget dengan merilis smartwatch Galaxy Gear. Namun dapat dipastikan di tahun 2014 ini mereka tidak akan lagi bermain sendirian. Sebab, banyak produsen lain yang telah dipastikan barfokus pada segmen ini.

Apple, LG, Nike, Sony dan masih banyak lagi diprediksi akan turut terjun di pasar smartwatch tahun ini. Dengan semakin beragamnya produk yang beredar, kemungkinan besar nantinya produk segmen ini akan memasyarakat dan menjadi tren baru.

Selain itu, kacamata pintar Google Glass pun kabarnya akan siap dipasarkan secara luas tahun ini.
4 dari 6 halaman



3. Smart Car

Gelaran Consumer Electronics Show (CES) 2014 diprediksi bakal tampil sedikit berebeda. Pasalnya di CES 2014 nanti, sejumlah pabrikan otomotif juga akan ikut meramaikan acara.

Salah satu yang sudah secara resmi menyatakan kesiapannya berpartisipasi adalah produsen otomotif asal Jepang, Toyota. Toyota disebutkan bakal memperkenalkan sebuah mobil yang dapat dioperasikan tanpa bahan bakar minyak (BBM) dengan kode nama 'FCV'. Toyota FCV telah dibekali teknologi sel bahan bakar sendiri yang mampu mengubah hidrogen menjadi tenaga listrik.

Selain mobil tanpa BBM, CES 2014 juga akan diramaikan sejumlah produk otomotif yang dapat terintegrasi dengan sistem operasi mobile iOS milik Apple dan Android dari Google.
5 dari 6 halaman



4. Sensor Biometrik

Fitur kemanan berbasis sensor akan menjadi hal wajib di industri perangkat mobile tahun ini. Mengintegrasikan teknologi pemindai sidik jari atau mata pada perangkat akan semakin menjamur.

Bahkan, nantinya tidak hanya sidik jari atau mata saja yang digunakan sebagai media sensor biometrik pada perangkat. Fitur kemanan asis suara ataupun gestur pun mungkin akan muncul tahun ini.
6 dari 6 halaman



5. Virtual Game

Dirilisnya PlayStation 4 (PS4) dan Xbox One memang menjadi momentum kebangkitan platform konsol di industri game dunia. Namun ditahun 2014 mendatang, diperkirakan bukan saja platform konsol yang akan menjadi tren di industri game.

Salah satunya yang sudah mulai dikenal oleh orang banyak adalah penggunaan teknologi Augmented Reality dalam memperkaya pengalaman gameplay pengguna.

Teknologi Augmented Reality (AR) sebenarnya memang bukan inovasi baru dijagat teknologi. Teknologi ini sempat diperkenalkan pada publik di ajang CES 2013 awal tahun ini yang dikembangkan Oculust VR. Mereka menciptakan sebuah perangkat headset virtual reality bernama 'Oculus Rift' yang dapat terkoneksi dengan konsol game, PC, atau bahkan perangkat mobile.

(dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini