Sukses

Game-game Angry Birds Bakal Digratiskan

Anda nantinya bisa mengunduh game-game Angry Birds secara gratis, namun beberapa fitur harus dibeli jika ingin memilikinya.

Rovio Entertainment Ltd., perusahaan pembuat game Angry Birds, tidak akan lagi memungut bayaran bagi gamer yang ingin men-download game Angry Birds. Rovio mengubah strategi bisnis dengan menggratiskan game-gamenya untuk meraup lebih banyak untung.

Selama bertahun-tahun Rovio memang membangun basis pendapatannya dengan menawarkan game Angry Birds berbayar. Tapi sekarang perusahaan mengubah arah bisnis dan terjun ke dunia game freemium karena dianggap lebih menguntungkan.

Anda nantinya bisa mengunduh game-game Angry Birds secara gratis. Namun Anda harus membeli beberapa fitur dalam game tersebut jika pengguna ingin memilikinya, seperti membeli item tertentu atau naik ke level tertentu.

Rovio sendiri mulai merilis game "Angry Birds Go!" secara freemium sejak bulan lalu. Ini adalah pertama kalinya game Angry Birds dirancang freemium untuk bersaing dengan game freemium lainnya, seperti Clash of Clans atau Candy Crush.

Strategi seperti itu nantinya dapat membantu Rovio untuk masuk dalam daftar aplikasi terlaris. Dari 10 aplikasi paling sukses di Apple App Store pada tahun 2013, semuanya adalah game, dan hanya game Minecraft yang berbayar. Game Angry Birds gagal masuk dalam 10 game paling laris di App Store pada 2013, menurut perusahaan riset Distimo.

Rovio mulai melihat game-gamenya tidak menghasilkan keuntungan. Rovio selama ini memang lebih banyak meraup untung dari penjualan produk merchandise bertema Angry Birds --mulai dari maskara hingga taman bermain.

Rovio juga berencana merilis film kartun Angry Birds yang akan tayang premiere pada bulan Juli 2016. Sekitar 45% dari pendapatan Rovio di tahun 2012 diklaim berasal dari penjualan barang dagangan berlisensi dan merchandise.

"Free-to-play adalah baru bagi kami, karena itu kami akan berhati-hati," kata Executive Vice President for Games, Jami Laes dalam sebuah wawancara.

Laes mengatakan langkah tersebut dirancang agar lebih banyak orang berinteraksi dengan franchise Angry Birds, yang telah berhasil menjaring dua milyar download sampai saat ini dan telah membuat Rovio menjadi produsen game paling terkenal. (dew)


Baca juga:
Angry Birds Go!, Kado Natal Terbaru Rovio
[VIDEO] Angry Birds Go! Curi Start di New Zealand
Angry Birds Dijadikan Kurikulum Sekolah
4 Karakter Baru Hadir di Sekuel Angry Birds: Star Wars II

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini