Sukses

Tinggalkan Kamera DSLR, Olympus Fokus ke Mirrorless

`Saat ini kami hanya fokus pada kamera mirrorless dan kami tidak memiliki rencana untuk memproduksi DSLR`

Seperti yang diketahui, Nikon, Canon, Sony, Fujifilm, Pentax, dan Olympus adalah beberapa vendor kamera besar yang hingga saat ini kerap meluncurkan produk-produk mutakhir. Namun diakui bahwa Nikon dan Canon lebih menonjol di kamera Digital Single-lens Reflex (DSLR) kelas profesional.

Bicara soal DSLR, empat tahun terakhir ini Olympus sudah tak lagi meluncurkan kamera DSLR. Dua produk DSLR terakhir yang diluncurkan vendor kamera asal Jepang tersebut adalah E-3 pada Oktober 2007 dan E-5 pada September 2010.

Belakangan ini Olympus hanya fokus pada kamera mirrorless lewat seri PEN dan OM-D. Namun sayangnya, menurut yang dilansir Ubergizmo (10/1/2013), penjualan mirrorless diprediksi akan jatuh di pasar Eropa dan Amerika Serikat.

Bahkan The New York Times melaporkan, perusahaan-perusahaan yang akan bertahan hidup di tengah gempuran kamera smartphone adalah hanya Nikon, Canon, dan Sony.   

"Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi 10 tahun ke depan. Begitu kami memperoleh kesuksesan di pasar mirrorless, kami tidak akan memperluas bisnis ke DSLR lagi. Saat ini kami hanya fokus pada mirrorless dan kami tidak memiliki rencana untuk memproduksi DSLR," kata Toshi Terada selaku Manager Product Planning SLR products Olympus, dalam sebuah wawancara dengan Amateur Photographer.

Mirrorless bisa dibilang sebagai solusi sempurna dan menjawab permasalahan yang sering dihadapi oleh para fotografer pemula. Bentuknya yang mungil dan ringan, juga dijadikan pilihan bagi fotografer profesional untuk mengganti kamera DSLR yang berat dan besar.

Bahkan gambar yang dihasilkan sama bagusnya dan memiliki fungsi yang mirip dengan kamera DSLR. Di antaranya seperti memiliki fitur mode auto, manual, AV, TV, dapat mengatur rentan ISO, white balance, dan lain sebagainya. Mirrorless juga memungkinkan pengguna untuk mengganti berbagai tipe lensa layaknya DSLR. (isk)


Baca juga:
OM-D E-M1, Kasta Tertinggi Kamera Mirrorless Olympus
6 Kamera Mirrorless Terbaik Di Pasaran Saat Ini
Kamera Mirrorless Panasonic Ini Seukuran Kartu ATM
Kamera Kelas Profesional Nikon D4S Resmi Diumumkan
Inilah Lensa Sapu Jagat dan Lensa Fix Terbaru Dari Sigma

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini