Sukses

Apple Ajukan Paten OIS Untuk Kamera iPhone 6

Teknologi tersebut memiliki kemampuan untuk meningkatkan autofokus dan OIS (optical image stabilization) yang ada di kamera iPhone.

Apple disinyalir sedang mengajukan sebuah paten melalui situs resmi lembaga paten Amerika Serikat. Paten yang baru diajukan perusahaan asal Cupertino, California itu berhubungan dengan teknologi yang akan dipakainya pada kamera ponsel di perangkat terbarunya.

Paten yang diajukan berjudul VCM OIS actuator module. Dalam paten tersebut disebutkan bahwa teknologi tersebut memiliki kemampuan untuk meningkatkan autofokus dan OIS (optical image stabilization) yang ada di kamera iPhone.

Dikutip Tekno Liputan6.com dari GSM Arena, Senin (13/1/2014), kehadiran paten baru dari Apple ini membuktikan bahwa sebenarnya Apple sudah mengerjakan teknologi OIS sejak tahun 2012 silam, tetapi masih belum diketahui sebesar apa hasil pengembangannya.

Fungsi VCM OIS sendiri dalam penjelasan Apple adalah menyeimbangkan getaran tangan yang biasa muncul dari tangan pengguna ketika mengambil gambar. Kemampuan ini akan membuat hasil jepretan di iPhone akan tetap bagus walau tangan penggunanya bergetar saat mengambil foto.

Apple sendiri dikenal sebagai perusahaan yang tak pernah ikut-ikutan soal tren berkaitan besaran megapiksel kamera di perangkatnya. Resolusi kamera iPhone 5S yang sebesar 8 MP di saat perusahaan lain membenamkan kamera 13 MP di handset andalannya diklaim sebagai bukti keteguhan Apple soal resolusi kamera.



Perusahaan yang didirikan mendiang Steve Jobs itu diketahui lebih memilih berfokus pada kualitas dengan meningkatkan teknologi lensa dan sensor. Pilihan itu membuat iPhone di sisi penggunaan teknologi OIS membuat perangkat buatannya sedikit tertinggal dari Lumia 920 dan perangkat andalan lainnya.

Sepertinya, Apple tak mau ketinggalan terlalu jauh soal kemampuan kamera dengan teknologi OIS. Teknologi ini digadang-gadang bakalan disematkan Apple pada iPhone 6 yang diharapkan meluncur pada akhir tahun 2014 ini. (den/dew)


Baca juga :
Jakarta Dikepung Banjir, Operator Telekomunikasi Siaga
Tak Ingin Terjebak Banjir? Pantau Akun-akun Twitter Ini
HP Siapkan Smartphone Android Murah Pesaing Galaxy Note 3
Akses Internet Kini Bisa Lewat `Sinar Lampu`
Akhir 2014, Xiaomi MI4 Meluncur Tak Sendirian



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.