Sukses

Lupakan Fingerprint, Ganti Semua Password Dengan Eye Scanner Ini

Alat ini diklaim sebagai pengganti password maupun pemindai sidik jari yang jauh lebih aman dari semua perangkat pengganti password.

Pemindai sidik jari atau fingerprint scanner tiba-tiba kembali booming ketika Apple menyematkan fitur Touch ID pada iPhone 5S yang memungkinkan pengguna masuk ke dalam home screen atau melakukan verifikasi pembelian di toko aplikasi App Store.

Namun beberapa kalangan menganggap teknologi itu biasa-biasa saja. Saat ini perusahaan yang bermarkas di New York, Eyelock yang berhasil mengembangkan alat pemindai mata untuk pemeriksaan keamanan telah menciptakan perangkat berteknologi sama untuk konsumen dengan nama Myris.

Menurut yang dilansir Mashable, Jumat (17/1/2014), Myris merupakan alat pemindai mata berukuran mouse yang dapat dihubungkan ke komputer, tablet atau perangkat lainnya melalui USB.

Alat ini diklaim sebagai pengganti password maupun pemindai sidik jari yang jauh lebih aman dari semua perangkat pengganti password yang ada di pasaran saat ini. Pasalnya Myris mampu memindai dua retina mata sekaligus dan bukan hanya satu retina mata saja.

Sebagai contoh, bila menggunakan pemindai sidik jari maka tingkat kesamaan sidik jari Anda dengan orang lain adalah 1:10.000 dan pemindai satu retina mata adalah 1: 1.500.000. Sedangkan Myris menggunakan pemindai dua retina mata, maka tingkat kesamaannya dengan orang lain adalah 1: 2.250.000.000.000.

Proses pemindaian yang dilakukan pun cukup cepat karena Myris menggunakan video (bukan foto) untuk membandingkan hasil dengan data yang sudah tersimpan. Cara penggunaannya, cukup hubungkan Myris ke komputer melalui koneksi USB, lalu instal aplikasi dan ikuti petunjuk yang ada.

Eyelock Myris akan dijual dengan harga US$ 300 atau sekitar Rp 3,5 juta. Namun sayangnya belum ada informasi detil kapan perangkat canggih ini akan tersedia di pasaran. (isk)


Baca juga:
Keren, Ngecas Baterai Gadget Pakai Mangkuk
harger Laptop Ini Diklaim Terkecil di Dunia
iPhone 5 dan 5S Bisa Dicas Tanpa Kabel
Headphone Pun Dibuat Seperti Berlian
Sikat Gigi Pintar, Bisa Terkoneksi ke Smartphone 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.