Sukses

Pantau Banjir & Ketinggian Pintu Air di Aplikasi Terbaru BPPT

Melalui aplikasi yang dijuluki `Pantauan Banjir Jakarta` ini warga Ibukota bisa memantau status banjir berdasarkan wilayah secara online.

Untuk membantu warga DKI Jakarta memperoleh informasi seputar banjir yang terjadi dengan cepat, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mambuat aplikasi yang bisa diakses kapan saja secara real-time.

Melalui aplikasi yang dijuluki `Pantauan Banjir Jakarta` tersebut, warga Ibukota bisa memantau status banjir berdasarkan wilayah yang akan disuguhkan dengan tampilan peta dari Google Earth, lengkap dengan keterangan grafik temperatur minimum dan ketinggian intensitas curah hujan.

Dengan aplikasi ini pengguna juga bisa memonitor ketinggian pintu air berdasarkan tanggal, bulan, dan tahun - dengan cara mengllik bar yang ada di atas grafik temperatur minimum. Daftar pintu air yang bisa dicek adalah Pintu Air Katulampa, Depok, Manggarai,  Cipinang Hulu, Pesanggrahan, dan pintu air lainnya.

Bukan itu saja, di aplikasi ini pengguna juga bisa mengecek info cuaca berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Ditambah informasi kemacetan dengan indikator warna hijau yang menunjukkan kondisi lalu lintas lancar, kuning menandakan jalan tersendat, dan merah yang berarti macet.



Menariknya aplikasi tersebut dapat digunakan di perangkat genggam maupun PC desktop. Untuk versi PC desktop bisa diklik di tautan ini, sementara versi mobile bisa diunduh di sini.

Demi mengurangi dampak buruk akibat banjir di Jakarta, BPPT juga melakukan pelaksanaan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC). Heru Widodo selaku Tim Operasi Udara Retribusi Curah Hujan BPPT memaparkan, fungsi dari TMC bukanlah sebagai penghilang hujan melainkan pemecah konsentrasi agar tak memperparah banjir yang terjadi di Jakarta.

Secara umum, penerapan TMC untuk redistribusi curah hujan telah dilakukan pada tangga 14-19 Januari dengan 9 kali penerbangan memakai pesawat Hercules A-1328. (isk)

Baca juga: 
Kurangi Curah Hujan, BPPT Adopsi Teknologi Modifikasi Cuaca
Google Siap Bantu BNPB Hadapi Bencana yang Melanda Indonesia
Indosat Sebar Pulsa Gratis untuk Korban Banjir Manado
Diterjang Banjir Besar, Telkom Pulihkan Komunikasi di Manado
Pantau Banjir Lewat Peta Interaktif Google Maps




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.