Sukses

Pengapalan PC di Asia Pasific Melorot Tajam

Penurunan ini mencapai 10% yang membuat secara total pengapalan PC di tahun 2013 terhitung hanya sebesar 108 juta unit.

Perangkat komputasi jenis personal computer (PC) telah sejak lama diprediksi akan segera mengalami kematian. Walaupun belum benar-benar terjadi, tanda-tanda kiamat yang mulai mendatangi industri PC sudah makin terlihat jelas.
 
Salah satu tanda yang muncul adalah penurunan yang cukup signifikan pada pengapalan PC untuk regional Asia Pasific, kecuali Jepang. Penurunan ini mencapai 10% yang membuat secara total pengapalan PC di tahun 2013 terhitung hanya sebesar 108 juta unit.
 
Menurut lembaga riset International Data Corporation (IDC), penurunan di regional Asia Pasifik ini merupakan penurunan yang mencapai dua digit pertama selama beberapa tahun terakhir.
 
Lenovo yang masih menguasai pasar PC dunia meraih 24,9% pasar komputer di Asia Pasifik. Namun begitu, perusahaan asal China ini tetap mengalami penurunan pertumbuhan tahunan sekitar 9,5%.
 
Sedangkan produsen PC asal Amerika Serikat, Hewlett Packard (HP) disebutkan menjadi satu-satunya vendor yang mengalami pertumbuhan. Pemesanan oleh pemerintah India dalam kuota besar tahun lalu menjadi sebab pertumbuhan yang diraih HP.
 
Tingkat pengadopsian perangkat mobile seperti tablet dan smartphone ditengarai jadi penyebab penurunan jumlah pengapalan PC. Banyak orang awam yang memilih menggunakan perangkat mobile sebagai perangkat komputasi utama dan melewati fase penggunaan PC.
 
"Tahun 2014 diperkirakan akan tetap menjadi tahun yang penuh tantangan untuk pasar PC, karena persaingan hanya akan tumbuh di antara perangkat," kata Handoko Andi dari IDC Asia Pasifik seperti dilansir laman TechCrunch.
 
Sebelumnya lembaga analisa Gartner juga sempat menyatakan bahwa pengapalan PC secara global akan mengalami penurunan terbesar sepanjang sejarah. Perubahan peran smartphone dan tablet di pasar yang sedang berkembang ditengarai sebagai penyebabnya. (den/dhi)

Baca juga:
Lenovo Tak Puas Jadi Nomor 2 di Indonesia
Perketat Keamanan, Yahoo Mail Dipasangi `Perisai`
Snowden Kembali Ungkap Modus Pencurian Data Terbaru NSA
Alat Milik NSA Ini Bisa Sadap Komputer Hingga Radius 13 Km


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.