Sukses

Korea Selatan Kembangkan Generasi Penerus 4G LTE: `5G`

Jaringan 5G diprediksi memiliki kecepatan hingga seribu kali lipat lebih cepat dari kemampuan 4G LTE.

Teknologi komunikasi 4G LTE (Long Term Evolution) masih terbilang sebagai teknologi masa depan di beberapa negara, termasuk Indonesia. Namun, tak demikian dengan negara Korea Selatan.

Kampung halaman Samsung dan LG itu telah mengadopsi teknologi komunikasi 4G LTE lanjutan yang disebut LTE Advanced. Bahkan, di Negeri Ginseng itu kemungkinan teknologi 4G LTE akan segera jadi 'barang kuno'.

Sebab, Korea Selatan disebut sedang merencanakan pengembangan teknologi 5G. Menurut media lokal, Yonhap News, badan teknologi komunikasi negeri itu siap menggelontokan dana dalam jumlah besar demi pengembangan teknologi 5G.

Sekitar 1,6 triliun Won yang setara Rp 18 trilyun telah disiapkan lembaga tersebut demi mewujudkan jaringan internet super cepat. Perusahaan lokal pun digandeng untuk bekerjasama dalam pengembangan teknologi 5G hingga tahun 2020.

Dikutip tim Tekno Liputan6.com dari laman The Next Web, Jumat (24/1/2014), jaringan 5G diprediksi memiliki kecepatan hingga seribu kali lipat lebih cepat dari kemampuan 4G LTE.

Film berkapasitas 800 MB bisa diunduh hanya dalam waktu satu detik. Padahal, dengan jaringan 4G LTE, file dalam ukuran yang sama akan menghabiskan waktu unduhan hingga 40 detik.

Pemerintah Korea Selatan menargetkan jaringan 5G akan tersedia di negaranya pada tahun 2020 mendatang. Perusahaan manufaktur ponsel seperti LG dan Samsung telah diajak berkolaborasi mengembangkan teknologi masa depan tersebut.

Meskipun target penerapan komersialnya masih cukup lama, jaringan 5G dikabarkan bakal diujicoba pada layanan jejaring sosial pada awal tahun 2015. (den/isk)


Baca juga:
Baru Meluncur, Koneksi 4G Sukses Goda Ribuan Pengguna Tanah Air
Serunya Berkendara Dengan Mobil Berkoneksi 4G LTE
Sudah Mentok, Operator CDMA Bakal Migrasi ke 4G LTE?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.