Sukses

Ini Adalah Kota Pertama di Jepang Yang Sediakan Wi-Fi Gratis

Layanan ini disebut sebagai salah satu program untuk menjadikannya sebagai gateway internasional agar mampu bersaing dengan Tokyo.

Jepang terkenal sebagai negara maju dan terdepan soal teknologi. Akan tetapi, untuk urusan Wi-Fi gratis, Negeri Matahari Terbit itu ternyata menjadi salah satu negara yang paling sulit menyediakan fasilitas tersebut.

Survei yang dilakukan Dinas Pariwisata Jepang untuk mengetahui hambatan yang seringkali dirasakan wisatawan di negeri itu menyebut bahwa akses internet gratis menjadi salah satu keluhan yang paling banyak dirasakan para turis.

Pemerintah pun mengambil inisatif untuk mulai menyediakan akses internet secara gratis bagi wisatawan. Kota Osaka baru saja mengumumkan program `Osaka Free Wi-Fi` yang menjadikannya sebagai kota pertama yang menyediakan akses internet gratis bagi para pengunjungnya.

Program itu akan membuat Osaka menyediakan akses internet di seluruh kota. `Osaka Free Wi-Fi` disebutkan sebagai salah satu program untuk menjadikannya sebagai gateway internasional agar mampu bersaing dengan Tokyo.

Seperti dilansir Rocketnews24, Senin (3/2/2014), pengguna hanya perlu memberikan alamat email yang aktif agar bisa menikmati layanan yang kompatibel dengan perangkat berplatform iOS, Android dan Windows.

Akses yang disediakan adalah setiap sesi 30 menit tanpa batas log in harian. Namun, masih ada lokasi tertentu yang menyediakan versi 'lite' akses dengan durasi 15 menit dan maksimal 1 jam penggunaan harian.

Program ini didukung oleh Nankai, Kintetsu and Keihan railways, mayoritas atraksi untuk turis, hotel, pertokoan dan restoran yang rata-rata diakses turis. Pemerintah Osaka menyediakan daftar lengkap lokasi yang telah mendapat fasilitas internet gratis.

Sementara itu untuk kesuksesan dan popularitas dari program ini akan diukur dari pertumbuhan jumlah lokasi yang ikut menyediakan akses Wi-Fi gratis. Para turis yang datang diharapkan menyukai fasilitas ini dan lebih banyak yang datang mengunjunginya.

Mmm, kira-kira kapan ya Indonesia akan menyusul Osaka? (den/isk)


Baca juga : 

Email Pengguna Diretas, Yahoo! Salahkan Pihak Ketiga
Akhir Tahun 2014 Indonesia Siap Gelar 4G LTE
Akses Internet Korea Selatan Tercepat di Dunia, Indonesia?
Otoritas Ukraina Matikan Jaringan Internet dan Televisi
Samsung Galaxy S5 Siap Masuk Indonesia?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini