Sukses

iTouch 5 Akan Jadi Apple iPod Terakhir?

CEO Apple Tim Cook mengakui bahwa penjualan iPod semakin menurun. Maka tak heran jika Apple belum mengeluarkan lini produk terbaru.

Ketika pemutar musik digital iPod diluncurkan kembali pada November 2011, banyak kalangan yang ragu dan skeptis. Namun buktinya perangkat itu disambut pasar dengan baik dan berhasil terjual hingga 350 juta unit di seluruh dunia pada tahun 2012.

Namun kini iPod tak lagi menjadi produk unggulan di jajaran produk Apple. Pada kuartal kempat tahun 2013, Apple melaporkan jumlah iPod yang terjual sebanyak 6 juta unit - 55% lebih sedikit dari penjualan tahun 2012 di periode yang sama yaitu 12,7 juta unit.

Bahkan iPod telah absen dari siaran pers Apple dan belum ada informasi mengenai seri produk berikutnya. iPod juga diyakini hanya memberikan kontribusi sebesar 2% dari pendapatan perusahaan secara keluruhan.

Sementara produk lainnya yaitu iPhone dan iPad, masing-masing mencetak penjualan 51 juta unit dan 26 juta unit.  CEO Apple Tim Cook mengaku sangat senang dan menegaskan pihaknya akan terus memperkuat layanan iTunes dan aplikasi lainnya. Demikian seperti dikutip dari The Telegraph, Selasa (4/2/2014).

Namun Cook mengakui bahwa penjualan iPod semakin menurun. Maka tak heran jika Apple belum mengeluarkan lini produk terbaru selama lebih dari setahun sebagai pengganti iPod Touch generasi kelima alias iTouch 5.

Jika penjualan iPod terus merosot, kemungkinan besar iTouch 5 akan menjadi iPod generasi terakhir. Itu pertanda bahwa era iPod akan segera berakhir. Namun jika Apple menyiapkan model terbaru iPod di tahun ini, kabar buruk tersebut bisa ditepis.

Baru-baru ini Apple dilaporkan tengah mempekerjakan New Product Operations Program Manager untuk menyiapkan peluncuran produk baru dalam keluarga iPod serta bertanggung jawab untuk menjaga kualitas produk dan melayani kebutuhan pelanggan secara optimal. (isk)


Baca juga:
Diprediksi Muncul Awal 2014, iPad Pro Malah Tak Jelas Rimbanya
iPhone 6 Akan Dirilis Mei 2014?
Tim Cook Ungkap Rencana Besar Apple Tahun 2014
Ke Depannya Bagian Tubuh Akan Gantikan Peran Password?



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini